Institusion
IAIN Surakarta
Author
Diana, Setyawati
Dr., Muhammad Fahmi, M.Si.
Subject
380 Commerce, communications, transport
Datestamp
2018-01-05 06:29:50
Abstract :
ABSTRAK
DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Strategi Public Relations Dalam
Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo. Skripsi, Jurusan
Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut
Agama Islam Negeri Surakarta. 2017.
Skripsi ini berawal dari Syariah Hotel Solo yang mendapatkan Nominator
Anugrah Pariwisata Halal pada tahun 2016. Nominator atau penghargaan yang
didapat berupa penghargaan jenis usaha yang menerapkan prinsip – prinsip Islam.
Banyaknya hotel yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan.
Hal ini membuat Syariah Hotel Solo dengan hotel yang lain berlomba untuk
mendapatkan kepercayaan publik. Dengan banyaknya Hotel yang ada di Solo
membuat pihak Hotel selalu melaukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya
manusia untuk mempertahankan citra perusahaan khususnya citra halal tourism di
syariah hotel solo. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi
public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah “Strategi Public
Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Soloâ€.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung, melakukan observasi secara
mendalam, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah Citra Halal Tourism di Syariah Hotel Solo
yang sudah positif dapat tetap dipertahankan. Public relations syariah hotel solo
semakin gencar melakukan kegiatan yang digunakan dalam mempertahankan citra.
Strategi yang dilakukan oleh public relations adalah dengan human relations,
community relations, serta media relations. Public relations menjalin hubungan
dengan berbagai kalangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan citra,
disamping itu hubungan yang baik disemua kalangan akan membawa citra positif
perusahaan. Kegiatan tersebut berupa kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan
eksternal berupa hubungan dengan masyarakat sekitar hotel, hubungan dengan media
dan komunitas yang ada di solo. Kegiatan internalnya berupa menjaga hubungan
sesama karyawan, meningkatkan tentang ilmu keagamaan yang setiap satu bulan
sekali diadakan pengajian dan qataman al-quran, hal ini bertujuan untuk
meningkatkan keilmuan di bidang keagamaan pada setiap karyawan guna
mempertahankan citra halal tourism di syariah hotel solo.
Kata kunci : Strategi Public Relations, Citra, Halal Tourism Syariah Hotel Solo.
ABSTRACT
DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Public Relation Strategy In
Maintaining Halal Tourism Image In Syariah Hotel Solo, A Thesis, Study
Communication and Broadcasting Islamic, Faculty Of Islamic Theology and
Preaching. State Islamic Institute of Surakarta. 2017.
This Thesis is conducted because Syariah Hotel Solo won Award Nominator
of Halal Tourism in 2016. The nominator or award gained is an award of business
which applies Islamic principles. There are many hotels in Solo which cause a tough
competition in hotel industry. Syariah Hotel Solo, no exception , has to compete with
other hotels to win public trust. Therefore, to meet this challenge, Syariah Hotel Solo
tries to create some innovations and increase the quality of human resource to
maintain the image of the company, especially in halal tourism image. Hence, the
writer is interested in observing what strategies of public relation are used in this
company. The aim of this research is to understand what public relation strategies are
used to maintain halal tourism image in Syariah Hotel Solo.
This study is based on a qualitative research by using descriptive method that
is conducted by direct research and complete observation to describe and present
facts on the field.
The result of this research is that Halal Tourism Image of Syariah Hotel Solo
can be positively maintained. The Public Relation of Syariah Hotel Solo incessantly
conducts some efforts or activities to maintain this image. Strategies used by Public
Relation are human relations, community relations and media relations. To maintain
its positive image in public, Public Relation of Syariah Hotel Solo creates good
relations with many public circles. The activities done by public relation are divided
into external and internal ones. The external activities include the relation between
hotel and the surrounding society, relation with media and relation with communities
in Solo. Where as, the internal activities include the maintenance of relation among
its employees, and increasing religious insights of its employees by conducting some
religious activities so they can maintain or even improve its Halal Tourism image in
Syariah Hotel Solo.
Key words : Public Relations Strategies, Halal Tourism Image, Syariah Hotel
Solo.