DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI KINERJA BAGIAN HUMAS SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN WONOGIRI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
Total View This Week7
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Vivi, Nur Elvia Margarita
Agus, Sriyanto, S.Sos, M.Si
Subject
605 Serial publications 
Datestamp
2018-01-05 06:33:07 
Abstract :
ABSTRAK VIVI NUR ELVIA MARGARITA. NIM: 13.12.11.027. Implementasi Kinerja Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik. Skripsi : Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017. Humas merupakan bagian yang penting dari sebuah organisasi guna mempublikasikan semua kegiatan-kegiatan dan program kerja yang akan dilaksanakan kepada publik atau masyarakat. Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, harus peka dengan kondisi saat ini, kinerja yang optimal harus sering dievaluasi untuk mewujudkan pelayanan informasi yang berkualitas. Peneliti menemukan beberapa fakta di lapangan bahwa kegiatan kehumasan mengenai pelayanan informasi publik yang dilaksanakan Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri kurang optimal dan terdapat kendala. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi kinerja yang dilakukan Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri dalam meningkatkan pelayanan informasi publik, yaitu mempublikasikan kegiatan-kegiatan pemerintah kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari beberapa informan yaitu Kabag Humas, Kasubbag Protokol, Kasubbag Hubungan Media, Kasubbag Pemberitaan dan Dokumentasi dan Staf. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk narasi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh kegiatan kehumasan Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri dapat disimpulkan pelayanan informasi publik meningkat. Hal ini dilihat dari kegiatan kehumasan di Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri antara lain: Kegiatan Human Relations, Hubungan internal melalui meeting, surat dinas, dan Grup WhatsApp, hubungan eksternal melalui baliho, Spanduk, radio, Website Bagian Humas, Layanan Masyarakat melalui SMS “Halo Mas Jekek”, Twitter, dan Majalah Gema. Kegiatan Media Relations yang dilakukan yaitu press release, media gathering, dan press tour. Kegiatan Public Speaking melalui keprotokolan, pengaturan tata tempat, tata upacara, MC acara resmi. Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri kedepannya harus lebih baik lagi, terutama dalam meningkatkan profesionalisme humas sebagai ujung tombak pengelolaan informasi dalam tata kelola kehumasan yang baik sebagai bagian dari tata kelola pemerintahan yang baik. Kata Kunci: Implementasi Kinerja, Humas, Pelayanan Informasi Publik ABSTRACT VIVI NUR ELVIA MARGARITA. NIM: 13.12.11.027. Implementation of Performance of Public Relations Division of district Secretariat of Wonogiri in Improving Public Information Service. Thesis : Majoring in Communication and Broadcasting Islam of Ushuluddin Faculty and Da’wah Islamic Religious Institute of Surakarta, 2017. Public Relations is an important part of organization to publish all activities and work programs that will be implemented to the public. Public Relations Division of district Secretariat of Wonogiri as a communication bridge between government and society, should be sensitive to the current conditions, optimal performance should often be evaluated to realize quality information service. Researchers found some facts in the field that Public Relations Relations Division of district Secretariat of Wonogiri activities on public information services carried out Public Relations Relations Division of district Secretariat of Wonogiri is less than optimal and there are obstacles. Therefore, the authors are interested to examine how the implementation of performance made Public Relations Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri in improving public information services, which publishes government activities to the public. The research method used is descriptive qualitative. The subject of research consisted of several informants is Kabag Humas, Kasubbag Protokol, Kasubbag Hubungan Media, Kasubbag Pemberitaan dan Dokumentasi and Staff. Data collection using interview method, observation, and documentation. The collected data is then presented in narrative form and analyzed by data reduction, data display, and drawing conclusions. To ensure the validity of this research data using data triangulation techniques. The results of study indicate that all Public Relations Division of district Secretariat of Wonogiri activities are : Human Relations activities, internal relationships through official letter, meetings, and WhatsApp Groups. External  
Institution Info

IAIN Surakarta