Institusion
IAIN Surakarta
Author
Vivi, Nur Elvia Margarita
Agus, Sriyanto, S.Sos, M.Si
Subject
605 Serial publications
Datestamp
2018-01-05 06:33:07
Abstract :
ABSTRAK
VIVI NUR ELVIA MARGARITA. NIM: 13.12.11.027. Implementasi Kinerja
Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri Dalam
Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik. Skripsi : Jurusan Komunikasi
Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, Institut Agama
Islam Negeri Surakarta, 2017.
Humas merupakan bagian yang penting dari sebuah organisasi guna
mempublikasikan semua kegiatan-kegiatan dan program kerja yang akan
dilaksanakan kepada publik atau masyarakat. Bagian Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Wonogiri sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan
masyarakat, harus peka dengan kondisi saat ini, kinerja yang optimal harus sering
dievaluasi untuk mewujudkan pelayanan informasi yang berkualitas. Peneliti
menemukan beberapa fakta di lapangan bahwa kegiatan kehumasan mengenai
pelayanan informasi publik yang dilaksanakan Bagian Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Wonogiri kurang optimal dan terdapat kendala. Oleh karena itu,
penulis tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi kinerja yang dilakukan
Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri dalam meningkatkan
pelayanan informasi publik, yaitu mempublikasikan kegiatan-kegiatan pemerintah
kepada masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subyek
penelitian terdiri dari beberapa informan yaitu Kabag Humas, Kasubbag Protokol,
Kasubbag Hubungan Media, Kasubbag Pemberitaan dan Dokumentasi dan Staf.
Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data yang terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk narasi dan dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin
keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh kegiatan kehumasan
Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri dapat disimpulkan
pelayanan informasi publik meningkat. Hal ini dilihat dari kegiatan kehumasan di
Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri antara lain: Kegiatan
Human Relations, Hubungan internal melalui meeting, surat dinas, dan Grup
WhatsApp, hubungan eksternal melalui baliho, Spanduk, radio, Website Bagian
Humas, Layanan Masyarakat melalui SMS “Halo Mas Jekekâ€, Twitter, dan
Majalah Gema. Kegiatan Media Relations yang dilakukan yaitu press release,
media gathering, dan press tour. Kegiatan Public Speaking melalui keprotokolan,
pengaturan tata tempat, tata upacara, MC acara resmi. Bagian Humas Sekretariat
Daerah Kabupaten Wonogiri kedepannya harus lebih baik lagi, terutama dalam
meningkatkan profesionalisme humas sebagai ujung tombak pengelolaan
informasi dalam tata kelola kehumasan yang baik sebagai bagian dari tata kelola
pemerintahan yang baik.
Kata Kunci: Implementasi Kinerja, Humas, Pelayanan Informasi Publik
ABSTRACT
VIVI NUR ELVIA MARGARITA. NIM: 13.12.11.027. Implementation of
Performance of Public Relations Division of district Secretariat of Wonogiri
in Improving Public Information Service. Thesis : Majoring in
Communication and Broadcasting Islam of Ushuluddin Faculty and Da’wah
Islamic Religious Institute of Surakarta, 2017.
Public Relations is an important part of organization to publish all activities
and work programs that will be implemented to the public. Public Relations
Division of district Secretariat of Wonogiri as a communication bridge between
government and society, should be sensitive to the current conditions, optimal
performance should often be evaluated to realize quality information service.
Researchers found some facts in the field that Public Relations Relations Division
of district Secretariat of Wonogiri activities on public information services carried
out Public Relations Relations Division of district Secretariat of Wonogiri is less
than optimal and there are obstacles. Therefore, the authors are interested to
examine how the implementation of performance made Public Relations
Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri in improving public information services,
which publishes government activities to the public.
The research method used is descriptive qualitative. The subject of research
consisted of several informants is Kabag Humas, Kasubbag Protokol, Kasubbag
Hubungan Media, Kasubbag Pemberitaan dan Dokumentasi and Staff. Data
collection using interview method, observation, and documentation. The collected
data is then presented in narrative form and analyzed by data reduction, data
display, and drawing conclusions. To ensure the validity of this research data
using data triangulation techniques.
The results of study indicate that all Public Relations Division of district
Secretariat of Wonogiri activities are : Human Relations activities, internal
relationships through official letter, meetings, and WhatsApp Groups. External