DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI PAUD ISLAM MAKARIMA SINGOPURAN, KARTASURA,SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week12
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Anna, Fitrotun
Hery, Setiyatna, M. Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-08 01:47:07 
Abstract :
ABSTRAK Anna Fitrotun, Penerapan Program Pendidikan Inklusif Di PAUD Islam Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruaan, IAIN Surakarta, Juli 2017 Pembimbing : Hery Setiyatna M. Pd Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Usia Dini Permasalahan dalam penelitian ini adalah setiap anak berhak menerima pendidikan, dari anak normal sampai ABK memiliki hak yang sama, sedangkan kenyataanya dilapangan masih jarang lembaga yang mau menerima ABK dalam sekolah mereka. Itu disebabkan karena kurang siapnya lembaga dalam menyediakan SDM dan sapras yang dibutuhkan. PAUD Islam Makarima adalah satu lembaga yang sudah menerapkan program pendidikan inklusif, walaupun masih dalam proses perijinan PAUD ini sudah banyak dipercayai orang tua untuk membantu anak mereka dalam menempuh pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusif di PAUD Islam Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Penelitian ini telah dilaksanakan di PAUD Islam Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo pada bulan Maret-Mei 2017. Dengan subjek penelitian yaitu Anak Berkebutuhan Khusus dan Guru kelas Marwah I. Sedangkan informan penelitian adalah Kepala Sekolah , Guru Pendamping, dan Orang Tua. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, kurikulum ini diduplikasi untuk digunakan juga oleh anak berkebutuhan khusus. Hanya saja, untuk anak berkebutuhan ada materi tambahan yang digunakan oleh guru pendamping untuk meningkatkan aspek perkembangannya. (2) Fasilitas dan sarana untuk melayani anak berkebutuhan khusus masih kurang, seperti belum adanya ruangan khusus, alat penunjang dan buku penunjang layanan anak bekebutuhan khusus belum lengkap. (3) Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode sentra, yang berpusat pada proses siswa bukan dari hasil yang diperoleh siswa. ABSTRACT Anna Fitrotun, The Implementation of Inclusive Education Program In Makarima Islamic Childhood, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo in Academic Year 2016/2017. Thesis, Department of Islamic Education of Early Childhood, Faculty of Tarbiyah and teacher training, IAIN Surakarta, July 2017 Advisor : Hery Setiyatna M. Pd Keywords : Inclusive Education, Early Childhood The problem in this study is that every child is entitled to receive education, from normal up to disability children who have the same rights, in fact there is still rare of institutions which approve them to get the same education in their schools. It is caused by the lack of readiness of those institutions in providing human resources and the facilities needed. PAUD Makarima is an institution that has implemented inclusive education programs, although it was still in the process of PAUD licensing is already widely trusted parents to help their children in education. The purpose of this study was to describe the application of inclusive education in PAUD Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo in academic year 2016/2017. This research is a descriptive qualitative research (field study approach). This research has been conducted in PAUD Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo in March-May 2017. The subjects of the research were Disability Children and Teacher class of Marwah I. While the research informants were Principal, Companion Teachers, and Parents. The research data were obtained through observation, interview, and documentation. The collected data were tested for the validity using triangulation data that was source technique. The data analysis used an interactive analysis model by means of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study can be concluded that; (1) the curriculum used was the 2013 curriculum, this curriculum was duplicated for the disability children. But, for the disability children there is additional material used by counselor teachers to improve aspects of its development. (2) The facilities used to serve the disability children‟ needs were still lacking, such as the absence of special room, supporting equipment and books which support the disability children's service was not yet completed. (3) The learning method used was the center method, which centered on the student process rather than the results obtained by the s 
Institution Info

IAIN Surakarta