Abstract :
ABSTRAK
Anna Fitrotun, Penerapan Program Pendidikan Inklusif Di PAUD Islam Makarima,
Singopuran, Kartasura, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruaan, IAIN Surakarta, Juli 2017
Pembimbing : Hery Setiyatna M. Pd
Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Usia Dini
Permasalahan dalam penelitian ini adalah setiap anak berhak menerima
pendidikan, dari anak normal sampai ABK memiliki hak yang sama, sedangkan
kenyataanya dilapangan masih jarang lembaga yang mau menerima ABK dalam
sekolah mereka. Itu disebabkan karena kurang siapnya lembaga dalam menyediakan
SDM dan sapras yang dibutuhkan. PAUD Islam Makarima adalah satu lembaga yang
sudah menerapkan program pendidikan inklusif, walaupun masih dalam proses
perijinan PAUD ini sudah banyak dipercayai orang tua untuk membantu anak
mereka dalam menempuh pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusif di PAUD Islam Makarima,
Singopuran, Kartasura, Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi lapangan (field research). Penelitian ini telah dilaksanakan di PAUD Islam
Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo pada bulan Maret-Mei 2017. Dengan
subjek penelitian yaitu Anak Berkebutuhan Khusus dan Guru kelas Marwah I.
Sedangkan informan penelitian adalah Kepala Sekolah , Guru Pendamping, dan
Orang Tua. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang terkumpul diuji keabsahannya menggunakan teknik
triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan
cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) kurikulum yang digunakan
adalah kurikulum 2013, kurikulum ini diduplikasi untuk digunakan juga oleh anak
berkebutuhan khusus. Hanya saja, untuk anak berkebutuhan ada materi tambahan
yang digunakan oleh guru pendamping untuk meningkatkan aspek
perkembangannya. (2) Fasilitas dan sarana untuk melayani anak berkebutuhan
khusus masih kurang, seperti belum adanya ruangan khusus, alat penunjang dan buku
penunjang layanan anak bekebutuhan khusus belum lengkap. (3) Metode
pembelajaran yang digunakan yaitu metode sentra, yang berpusat pada proses siswa
bukan dari hasil yang diperoleh siswa.
ABSTRACT
Anna Fitrotun, The Implementation of Inclusive Education Program In Makarima
Islamic Childhood, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo in Academic Year
2016/2017. Thesis, Department of Islamic Education of Early Childhood,
Faculty of Tarbiyah and teacher training, IAIN Surakarta, July 2017
Advisor : Hery Setiyatna M. Pd
Keywords : Inclusive Education, Early Childhood
The problem in this study is that every child is entitled to receive education,
from normal up to disability children who have the same rights, in fact there is still
rare of institutions which approve them to get the same education in their schools. It
is caused by the lack of readiness of those institutions in providing human resources
and the facilities needed. PAUD Makarima is an institution that has implemented
inclusive education programs, although it was still in the process of PAUD licensing
is already widely trusted parents to help their children in education. The purpose of
this study was to describe the application of inclusive education in PAUD Makarima,
Singopuran, Kartasura, Sukoharjo in academic year 2016/2017.
This research is a descriptive qualitative research (field study approach). This
research has been conducted in PAUD Makarima, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo
in March-May 2017. The subjects of the research were Disability Children and
Teacher class of Marwah I. While the research informants were Principal,
Companion Teachers, and Parents. The research data were obtained through
observation, interview, and documentation. The collected data were tested for the
validity using triangulation data that was source technique. The data analysis used an
interactive analysis model by means of data collection, data reduction, data
presentation, and conclusion.
The results of this study can be concluded that; (1) the curriculum used was
the 2013 curriculum, this curriculum was duplicated for the disability children. But,
for the disability children there is additional material used by counselor teachers to
improve aspects of its development. (2) The facilities used to serve the disability
children‟ needs were still lacking, such as the absence of special room, supporting
equipment and books which support the disability children's service was not yet
completed. (3) The learning method used was the center method, which centered on
the student process rather than the results obtained by the s