DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PAUD ISLAM MAKARIMA SINGAPURAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week8
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Ermawati, Aksa
Drs. H., Suparmin, M.Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-08 01:47:40 
Abstract :
ABSTRAK Ermawati Aksa (133131058). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di PAUD Islam Makarima Singapuran Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Dosen Pembimbing : Drs. H. Suparmin, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Tenaga Pendidik Manajemen tenaga pendidik adalah manajemen yang menitikberatkan perhatiannya kepada soal-soal pegawai atau personalia di dalam suatu organisasi.permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Pentingnya tes seleksi penerimaan tenaga pendidik baru untuk mengetahui kualitas guru. 2. Kurangnya optimalisasi media promosi dan sosialisasi untuk menarik calon tenaga pendidik melalui berbagai pendekatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikkan mulai dari perencanaan dan seleksi tenaga pendidik baru di PAUD Islam Makarimah Singapuran Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Islam Makarimah Singapuran Kartasura Sukoharjo, waktu penelitian dimulai dari bulan januari 2017 sampai dengan bulan juni 2017, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah. Sedangkan informannya adalah kepala yayasan dan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: Dalam rekrutmen tenaga pendidik melalui beberapa tahapan yaiti: 1) Perencanaan Tenaga Pendidik Baru melalui via SMS: saat akan mengadakan rekrutmen tenaga pendidik maka sebelumnya panitia/ kepala sekolah membuat pengumunan penerimaan tenaga pendidik yaitu di informasikan melalui SMS. Dan melalui orang per orang / lisan ke lisan: selain menginformasikan melalui SMS, panitia/ kepala sekolah juga menginformasikan kepada orang secara langsung, sehingga informasi dapat tersebar luas. 2) Seleksi Calon Tenaga Pendidik melalui seleksi surat lamaran: memilih surat-surat lamaran dan mengelompokan atas surat lamaran yang memenuhi syarat dan surat lamaran yang tidak memenuhi syarat , pengisian blanko lamaran:pelamar yang dipanggil diharuskan mengisi blanko atau formulir lamaran yang telah disediakan, pemeriksaan refrensi:meneliti siapa refrensi pelamar, wawancara pendahuluan:wawancara pendahuluan dilakukan pemimpin, tes penerimaan: proses untuk mencari data calon tenaga pendidik yang disesuaikan, tes psikologi: proses menguji atau mengetes kemampuaan mental, tes kesehatan: pemeriksaan kesehatan fisik pelamar, wawancara akhir atasan langsung:mewawancarai pelamar untuk memperoleh data yang mendalam, memutuskan diterima atau ditolak:pengambilan keputusan tentang diterima tidaknya seorang calon tenaga pendidik. 
Institution Info

IAIN Surakarta