Institusion
IAIN Surakarta
Author
Istiqomah, Tina Ardian
Drs., Subandji, M.Ag
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-08 01:47:45
Abstract :
Istiqomah Tina Ardian, 2017. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa
Indonesia Pada Anak Kelompok TK B Melalui Metode Bernyanyi Di TK Aisyiyah
Demangan Sambi Boyolali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi: Pendidikan Islam
Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Drs. Subandji, M.Ag
Kata Kunci : Kosakata Bahasa Indonesia, Metode Bernyanyi.
Bahasa Indonesia sangat penting digunakan dalam berinteraksi dan
berkomunikasi pada Anak Usia Dini, akan tetapi masih banyak ditemukan siswa yang
penguasaan kosakata bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada
Anak Kelompok TK B Melalui Metode Bernyanyi Di TK Aisyiyah Demangan Sambi
Boyolali Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua
siklus. Penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2017.
Subyek penelitian ini ada dua yaitu subyek yang melakukan tindakan adalah guru
kelompok B TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali, sedangkan sunyek yang
menerima tindakan adalah siswa kelompok TK B TK Aisyiyah Demangan Sambi
Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisis data melalui teknik analisis interaktif yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk indikator kinerja yaitu
kondisi awal penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa 25% dan target yang ingin
dicapai 75%. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan
atau tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini adalah pada kondisi awal jumlah siswa yang penguasaan
kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 25% atau 4 siswa, sedangkan yang masih
rendah berjumlah 75% atau 12 siswa. Pada pertemuan I Siklus I jumlah siswa yang
penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 37,5% atau 6 siswa, sedangkan
yang masih rendah berjumlah 62,5% atau 10 siswa. Pada pertemuan II Siklus I jumlah
siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 50% atau 8 siswa,
sedangkan yang masih rendah berjumlah 50% atau 8 siswa. Pada pertemuan I Siklus II
jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 62,5% atau
10 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 37,5% atau 6 siswa. Pada pertemuan
II Siklus II jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah
75% atau 12 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 25% atau 4 siswa.