DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK KELOMPOK TK B MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AISYIYAH DEMANGAN SAMBI BOYOLALI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Total View This Week9
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Istiqomah, Tina Ardian
Drs., Subandji, M.Ag
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-08 01:47:45 
Abstract :
Istiqomah Tina Ardian, 2017. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Kelompok TK B Melalui Metode Bernyanyi Di TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Subandji, M.Ag Kata Kunci : Kosakata Bahasa Indonesia, Metode Bernyanyi. Bahasa Indonesia sangat penting digunakan dalam berinteraksi dan berkomunikasi pada Anak Usia Dini, akan tetapi masih banyak ditemukan siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Kelompok TK B Melalui Metode Bernyanyi Di TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2017. Subyek penelitian ini ada dua yaitu subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelompok B TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali, sedangkan sunyek yang menerima tindakan adalah siswa kelompok TK B TK Aisyiyah Demangan Sambi Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisis data melalui teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk indikator kinerja yaitu kondisi awal penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa 25% dan target yang ingin dicapai 75%. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah pada kondisi awal jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 25% atau 4 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 75% atau 12 siswa. Pada pertemuan I Siklus I jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 37,5% atau 6 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 62,5% atau 10 siswa. Pada pertemuan II Siklus I jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 50% atau 8 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 50% atau 8 siswa. Pada pertemuan I Siklus II jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 62,5% atau 10 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 37,5% atau 6 siswa. Pada pertemuan II Siklus II jumlah siswa yang penguasaan kosakata bahasa Indonesia baik berjumlah 75% atau 12 siswa, sedangkan yang masih rendah berjumlah 25% atau 4 siswa. 
Institution Info

IAIN Surakarta