Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nuri, Ermawati
Hery, Setiyatna, M. Pd
Subject
150 Psychology
Datestamp
2018-01-08 01:47:55
Abstract :
ABSTRAK
Nuri Ermawati (133131045). Upaya Guru Dalam Meningkatkan
Kecerdasan Kinesetik Anak Di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan, IAIN Surakarta, Juli 2017.
Pembimbing : Hery Setiyatna M.Pd
Kata Kunci : Guru, Upaya Meningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak
Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang dalam
mengontrol gerak tubuhnya sesuai apa yang dipikirkan dan kemudian
diekspresikan melalui gerakkan tubuhnya. Kecerdasan kinestetik sangat
penting bagi anak usia dini, namun masih banyak ditemukan anak-anak
yang kecerdasan kinestetiknya masih kurang. Seperti halnya di TK
Aisyiyah Kismoyoso masih ditemukan anak-anak yang belum mampu
mengontrol gerak tubuhnya serta koordinasi gerak seluruh anggota
tubuhnya yang masih kurang serta masih kaku contohnya masih
ditemukan anak yang belum mampu menggerakkan kepalanya sambil
menggerakkan kakinya secara besamaan dan melompat sejauh 20 cm.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru dalam
Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Aisyiyah Ngampo
Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak
Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017, pada bulan April 2017 sampai bulan
Juni 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas B1 TK Aisyiyah
Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali, sedangkan yang menjadi
informan adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas B2. Data dikumpulkan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul
diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode dianalisis
dengan teknik interaktif melalui tahapan (1) reduksi, (2) penyajian data
dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya Guru dalam
meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Aisyiyah Ngampo
Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017 di antaranya
dengan menggunakan kegiatan berenang, tujuannya supaya anak memiliki
daya tahan tubuh yang kuat, kemudian senam, karena dapat meningkatkan
kecerdasan gerak kinestetik anak dalam hal koordinasi gerak tubuh antara
mata-tangan, menari dapat merangsang gerak kelenturan tubuh, dan yang
terakhir melukis karenan mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik
anak dalam hal koordinasi serta ketrampilan tangan mata dan pikiran anak.