DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI TK AISYIYAH NGAMPO KISMOYOSO NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week8
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nuri, Ermawati
Hery, Setiyatna, M. Pd
Subject
150 Psychology 
Datestamp
2018-01-08 01:47:55 
Abstract :
ABSTRAK Nuri Ermawati (133131045). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinesetik Anak Di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juli 2017. Pembimbing : Hery Setiyatna M.Pd Kata Kunci : Guru, Upaya Meningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang dalam mengontrol gerak tubuhnya sesuai apa yang dipikirkan dan kemudian diekspresikan melalui gerakkan tubuhnya. Kecerdasan kinestetik sangat penting bagi anak usia dini, namun masih banyak ditemukan anak-anak yang kecerdasan kinestetiknya masih kurang. Seperti halnya di TK Aisyiyah Kismoyoso masih ditemukan anak-anak yang belum mampu mengontrol gerak tubuhnya serta koordinasi gerak seluruh anggota tubuhnya yang masih kurang serta masih kaku contohnya masih ditemukan anak yang belum mampu menggerakkan kepalanya sambil menggerakkan kakinya secara besamaan dan melompat sejauh 20 cm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017, pada bulan April 2017 sampai bulan Juni 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas B1 TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali, sedangkan yang menjadi informan adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas B2. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan metode dianalisis dengan teknik interaktif melalui tahapan (1) reduksi, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya Guru dalam meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Aisyiyah Ngampo Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017 di antaranya dengan menggunakan kegiatan berenang, tujuannya supaya anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kemudian senam, karena dapat meningkatkan kecerdasan gerak kinestetik anak dalam hal koordinasi gerak tubuh antara mata-tangan, menari dapat merangsang gerak kelenturan tubuh, dan yang terakhir melukis karenan mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik anak dalam hal koordinasi serta ketrampilan tangan mata dan pikiran anak. 
Institution Info

IAIN Surakarta