Institusion
IAIN Surakarta
Author
Anisa, Muslimatun
Dr., Muhammad Munadi, M.Pd
Subject
373 Secondary education
Datestamp
2018-03-14 01:40:36
Abstract :
Pengembangan kecerdasan spiritual merupakan aspek yang kurang
diperhatikan dalam dunia pendidikan yang lebih mementingkan pengembangan
kemampuan intelektual. Padahal sekolah merupakan lembaga formal yang sangat
berperan dalam menanamkan nilai-nilai spiritual siswa melalui program-program
sekolah. Hal tersebut dikarenakan pula anak mendapatkan sedikit tuntunan
spiritual dari para orang tuanya. Padahal Kecerdasan spiritual membimbing kita
untuk mendidik hati menjadi benar. Mengingat pentingnya kecerdasan spiritual
bagi kehidupan manusia, termasuk kehidupan anak dan remaja, maka berbagai
konsep dibuat guna membantu seseorang dalam meningkatkan kecerdasan
spiritual. Salah satu diantaranya adalah pembinaan dan penanaman kecerdasan
spiritual di lembaga pendidikan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan
dilaksanakan di SMP Daarul Qur‟an Colomadu Karanganyar pada bulan
November 2015 sampai Februari 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, sedangkan informannya adalah wakamad kurikulum, wakamad
kesiswaan, kepala TU, guru (wali kelas), dan siswa. Tehnik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Dalam penguji keabsahan data digunakan tehnik triangulasi.
Sedangkan datanya menggunakan analisis dengan langkah-langkah pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari data yang telah diperoleh dari penelitian, dapat ditarik kesimpulan
bahwa Upaya guru dalam proses pengembangan kecerdasan spiritual dengan
(1)Perencanaan Pengembangan Kecerdasan Spiritual yang meliputi; Perumusan
tujuan program pengembangan kecerdasan spiritual santri, Perencanaan
lingkungan pengembangan kecerdasan spiritual, Pembuatan silabus dan RPP yang
terinegrasi, Penyusunan jadwal kegiatan santri secara konsisten dan terpogram.
(2)Pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual pada santri di SMP Daarul
Qur‟an meliputi beberapa aspek antara lain: Pemilihan metode pengembangan
Kecerdasan Spiritual, Pemilihan sumber dan media pengembangan Kecerdasan
Spiritual, Kegiatan pembiasaan budaya religious dan Memaksimalkan adanya
Ma‟had/pondok. (3) Kontrol dan evaluasi pengembangan kecerdasan spiritual
yang meliputi Mengontrol kegiatan santri, dan Kegiatan evaluasi/penilaian.