DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA DI SMP DAARUL QUR’AN COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN 2015/2016
Total View This Week10
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Anisa, Muslimatun
Dr., Muhammad Munadi, M.Pd
Subject
373 Secondary education 
Datestamp
2018-03-14 01:40:36 
Abstract :
Pengembangan kecerdasan spiritual merupakan aspek yang kurang diperhatikan dalam dunia pendidikan yang lebih mementingkan pengembangan kemampuan intelektual. Padahal sekolah merupakan lembaga formal yang sangat berperan dalam menanamkan nilai-nilai spiritual siswa melalui program-program sekolah. Hal tersebut dikarenakan pula anak mendapatkan sedikit tuntunan spiritual dari para orang tuanya. Padahal Kecerdasan spiritual membimbing kita untuk mendidik hati menjadi benar. Mengingat pentingnya kecerdasan spiritual bagi kehidupan manusia, termasuk kehidupan anak dan remaja, maka berbagai konsep dibuat guna membantu seseorang dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Salah satu diantaranya adalah pembinaan dan penanaman kecerdasan spiritual di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SMP Daarul Qur‟an Colomadu Karanganyar pada bulan November 2015 sampai Februari 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, sedangkan informannya adalah wakamad kurikulum, wakamad kesiswaan, kepala TU, guru (wali kelas), dan siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penguji keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Sedangkan datanya menggunakan analisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari data yang telah diperoleh dari penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Upaya guru dalam proses pengembangan kecerdasan spiritual dengan (1)Perencanaan Pengembangan Kecerdasan Spiritual yang meliputi; Perumusan tujuan program pengembangan kecerdasan spiritual santri, Perencanaan lingkungan pengembangan kecerdasan spiritual, Pembuatan silabus dan RPP yang terinegrasi, Penyusunan jadwal kegiatan santri secara konsisten dan terpogram. (2)Pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual pada santri di SMP Daarul Qur‟an meliputi beberapa aspek antara lain: Pemilihan metode pengembangan Kecerdasan Spiritual, Pemilihan sumber dan media pengembangan Kecerdasan Spiritual, Kegiatan pembiasaan budaya religious dan Memaksimalkan adanya Ma‟had/pondok. (3) Kontrol dan evaluasi pengembangan kecerdasan spiritual yang meliputi Mengontrol kegiatan santri, dan Kegiatan evaluasi/penilaian. 
Institution Info

IAIN Surakarta