DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
Total View This Week9
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Bowo Yuda, Prasetyo
H., Abu Choir, M.A
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-03-14 01:40:57 
Abstract :
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. 
Institution Info

IAIN Surakarta