Institusion
IAIN Surakarta
Author
Bowo Yuda, Prasetyo
H., Abu Choir, M.A
Subject
370 Education
Datestamp
2018-03-14 01:40:57
Abstract :
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di
MIN Nglawu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu.
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional,
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di
MIN Nglawu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu.
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional,
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.