Institusion
IAIN Surakarta
Author
Desi, Susanti
Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag
Subject
370 Education
Datestamp
2018-03-14 01:41:05
Abstract :
Latar belakang PTK ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, dimana salah satu diantara
penyebabnya adalah penggunaan metode/strategi pembelajaran yang masih kurang tepat dari
guru yang bersangkutan. Salah satu alternatif yang dilakukan yaitu dengan menerapkan strategi
Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion, karena dalam strategi
tersebut dapat membangkitkan semangat, melatih siswa untuk bekerja sama dengan orang lain,
mendorong siswa untuk lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan
strategi Small Group Discussion dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V di SD
Negeri 06 Tawangmangu Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD
Negeri 06 Tawangmangu pada bulan Januari 2017 sampai Agustus 2017. Subyek penelitian yang
melakukankan tindakan yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V dan subyek
penelitian yang menerima tindakan yaitu siswa kelas V sejumlah 12 siswa, terdiri dari 3 siswa
laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik validitas data
menggunakan validitas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses. Sedangkan teknik
analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari
hasil belajar siswa yaitu 80%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75
(tujuh puluh lima).
Hasil penelitian ini adalah: dengan penggunaan strategi Team Quiz dikolaborasikan
dengan strategi Small Group Discussion dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI
pada siswa kelas V di SD Negeri 06 Tawangmangu tahun ajaran 2017/2018. Dibuktikan dengan
hasil tes Pra siklus siswa yang tuntas dalam pembelajaran 6 dari 12 siswa atau 50% dan siswa
yang tidak tuntas dalam pembelajaran 6 dari 12 siswa atau 50%. Pada siklus I siswa yang tuntas
dalam pembelajaran adalah 8 dari 12 siswa atau 68% dan siswa yang tidak tuntas dalam
pembelajaran 4 dari 12 siswa atau 32%. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran 10
dari 12 siswa atau 84% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran 2 dari 12 siswa atau
16%. Pada siklus II ketuntasan di atas 80% sehingga perbaikan pembelajaran telah berhasil.
The background of this PTK is the low learning outcomes of students, where one of the causes is
the method of borrowing / learning strategies that are still less precise than the teacher
concerned. One alternative is done by implementing Team Quiz strategy in collaboration with
Small Group Discussion Strategy, because in this case can train students to cooperate with others
so that encourage students to be more active in learning. The purpose of this study is to
determine the improvement of student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious
Education by using Strategy Team Quiz In Collaboration With Small Group Discussion
Strategies of V student elementary school Elementary School 06 Tawangmangu academic year
2016/2017.
This research is a classroom action research conducted at SD Negeri 06 Tawangmangu in
January 2017 until August 2017. The research subjects that implement the action are the subject
teachers of Islamic Education Class V and the subjects that receive the action are students of
Votol 12 students Consisting of 3 male students and 9 female students. Data processing
techniques in this study using test techniques, observation, interviews, and documentation. This
research is conducted in two cycles each cycle consisting of planning, implementation,
observation, and reflection. The focus studied here is the result of learning of grade V SD Negeri
06 Tawangmangu. Data on student learning outcomes at. Indicator of this research achievement
seen from student learning result that is 80%, student reaching minimum mask criteria (KKM)
that is 75 (seventy five).
The results of this research are: with the use of Team Quiz Strategy in collaboration with Small
Group Discussion Strategy can increase the learning result of PAI subjects in V grade students at
SD Negeri 06 Tawangmangu academic year 2017/2018. Proven with the results of the completed
Pre-cycle test of students in learning 6 out of 12 students or 50% and unfinished students in
learning 6 out of 12 students or 50%. In the first cycle students who complete in the learning is 8
of 12 students or 68% and students who are not complete in learning 4 of 12 students or 32%. In
the second cycle of completed students in learning 10 of 12 students or 84% and