Institusion
IAIN Surakarta
Author
Devi Fauziah, Rahmawati
., Suyatman, S.Pd., M.Pd.
Subject
2x4 Fikih
Datestamp
2018-03-14 01:41:08
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman materi Fikih
karena siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan guru kurang
memberikan motivasi dalam proses KBM. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk
mengetahui tingkat intensitas interaksi guru-siswa dalam proses pembelajaran
Fikih kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran
2016/2017, 2) Untuk mengetahui pemahaman materi Fikih kelas VIII di MTs Al
Falah Gedongan Baki Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) untuk mengetahui pengaruh
ntensitas interaksi guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII
di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
komparatif dimaksudkan untuk mengetahui tentang pengaruh intensitas interaksi
guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih di MTs Al Falah Gedongan Baki
Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu metode angket dan tes yang diberikan kepada siswa. Dengan mengambil
ampel 110 dari 155 siswa. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji
prasyarat dengan uji normalitas menggunakan rumus Alpha sedangkan untuk
mengetahui hipotesis menggunakan rumus t-test.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Intensitas interaksi
guru-siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih termasuk dalam kategori sedang,
hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata intensitas interaksi guru-siswa yaitu
ebesar 71,67 dan standar deviasi 7,698 (2) Pemahaman materi Fikih siswa kelas
VIII termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata
ebesar 16,74 dan standar deviasi 3,078 (3) Terdapat pengaruh intensitas interaksi
guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII di MTs Al Falah
Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017, hasil t hitung sebesar 4,98;
kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan t tabel, dk = n-2 yaitu dk = 110-2
= 108 dan taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel sebesar 1,980. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa harga t hitung (4,98) > t tabel (1,980). Dengan demikian
emakin tinggi intensitas interaksi guru-siswa, semakin tinggi pula pemahaman
materi Fikih siswa kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo.
Sebaliknya semakin rendah intensitas interaksi guru-siswa maka semakin rendah
pula pemahaman materi Fikih kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki
Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.