Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dinda, Prasika
Drs. H., Suparmin, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2018-03-14 01:41:13
Abstract :
Pendidikan yang bermutu harus memiliki Sumber Daya Manusia yang
baik dan berkompeten. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam
meningkatkan mutu pendidikan. Melalui strategi yang dilakukan, maka kepala
MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta dapat meningkatkan mutu pendidikannya.
Madrasah ini didirikan di lingkungan yang tidak mendukung. Namun belum lama
berdiri, mutu pendidikan di madrasah ini tidak kalah dengan madrasah-madrasah
yang lain di Surakarta. Akhirnya pada tanggal 16 November 2015 Madrasah
Tsanawiyah Al-Islam Jamsaren memperoleh akreditasi B. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan
di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan
di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta, yang dilaksanakan pada bulan November
2017 hingga bulan Februari 2018. Subjek penelitian adalah Kepala MTs Al-Islam
Jamsaren Surakarta. Sedangkan informannya adalah wakil kepala MTs Al-Islam
Jamsaren Surakarta, guu-guru MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta. Data penelitian
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengecek
keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data
menggunakan teknik analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa stategi kepala madrasah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta yaitu:
(1) Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui kegiatan workshop,
seminar, diklat, penataran, dan sebagainya. (2) Peningkatan dari Dalam, dengan
cara pemberian materi ketika rapat koordinasi bulanan. (3) Melakukan Supervisi,
dengan melakukan kunjungan kelas dan menganalisa RPP yang akan digunakan
guru. (4) Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), evaluasi terkait dengan
proses pembelajaran yang sedang berlangsung. (5) Pembinaan Kedisiplinan Guru,
melalui rapat tiap bulan dan teguran secara langsung. (6) Promosi, dengan cara
menyebarkan brosur, mengadakan sosialisasi ke berbagai SD/MI se-Kecamatan Pasar
Kliwon. (7) Peningkatan Sarana dan Prasarana, seperti pembuatan ruang kelas
baru, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kantin, tempat parkir,
lapangan olahraga.