Institusion
IAIN Surakarta
Author
Mir’atul, Farihah
Muh, Mahbub , M.Si
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:28:34
Abstract :
Kata Kunci: Pembelajaran , Tahfidz Al Qur’an
Sebagai umat islam, kita diwajibkan untuk dapat mengamalkan ajaran ajaran yang
terdapat di dalam Al Qur’an. Termasuk dalam membaca serta menghafal Al Qur’an guba
untuk menciptakan generasi yang islami. Untuk mengajarkan siswa belajar tahfidz
diperlukan metode metode yang praktis agar siswa dapat menangkap pelajaran dengan
baik. MI Roudlotuzzahidin adalah sekolah yang didirikan dibawah naungan Ma’arif NU
yang disiapkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak yang islami terutama
cinta Al Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran
tahfidz di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, melalui
pendeketan deskriptif dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, interview dan
dokumentasi, dengan subyek penelitiannya adalah guru tahfidz dan siswa. Sedangkan
informan penelitian adalah Kepala sekolah dan guru selain pembelajaran Tahfidz.Teknik
keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan Triangulai data atau sumber.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalahdalam pelaksanaan
pembelajaran tahfidz di MI Roudlotuzzahidin Tegalarum pada tahun ajaran 2016/2017
dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap pertamaadalah persiapan pembelajaran yang
meliputi : Salam, membaca surat Al Fatihah, membimbing doa dan melafalkan Asmaul
husna. Di MI Roudlotuzzahidin menerapkan beberapa metode dalam menghafal Al Qur’an,
yaitu muroja’ahatau mengulang hafalan sebelumnya, Kitabah dengan cara menuliskan apa
yang sudah dihafalkan, jama’dengan cara membaca beberapa ayat secara bersama sama
dipimpin oleh guru. setelah dapat membaca dengan baik dan benar, kemudian dihafalkan.
Terakhir metode sima’idengan cara menyimak atau mendengarkan ayat ayat Al Qur’an
dari lisan maupun dari Alat Elektronik, namun dalam penelitian ini metode sima’i
menggunakan alat Audio Visual ang berupa tape recorder. Ketigaevaluasidilakukandalam
3 waktuyaitu, evaluasi yang dilakukan pada tiap kali pertemuan, evaluasipertengah
semester danevaluasi padaAkhir semester. Adapun penilaiannya meliputi Makhorijul
Huruf, Mad, Waqof,dan tajwid. Sertafaktor pendorongnya adalah dari guru yang
mengajarkan, orang tua yang selalu mngikuti dan memantau perkmbangan anak, dari
lingkungan yang baik serta prestasiyang diperoleh siswa. Faktor penghambat yang dapat
mempengaruhi tingkat minat dan motivasi siswa adalah tidak ada motivasi atau dukungan
yang siswa peroleh baik dari orang tua maupun dari lingkungan sekitar.