Institusion
IAIN Surakarta
Author
Erlina, Dwi Ningrum
Drs., Suluri, M. Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:28:41
Abstract :
Kata kunci : Intensitas Mendengarkan Lirik Lagu Religius, Kecerdasan
Emosional
Masalah yang muncul yaitu kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs
Negeri Ngemplak Boyolali ada yang bisa mengelola emosinya dengan baik dan
ada yang belum bisa mengelola emosinya dengan baik. Tujuan penelitian ini
adalah: (1) Untuk mengetahui intensitas siswa kelas VIII di MTs Negeri
Ngemplak Boyolali dalam mendengarkan lirik lagu religius. (2) Untuk
mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak
Boyolali. (3) Untuk mengetahui hubungan intensitas mendengarkan lirik lagu
religius dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak
Boyolali.
Jenis penelitian ini kuantitatif korelasional. Tempat penelitian di MTs
Negeri Ngemplak Boyolali. Waktu penelitian Maret 2016 sampai Januari 2017.
Populasi penelitian berjumlah 208 siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak
Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampel adalah
siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Boyolali sebanyak 174 siswa. Teknik
sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Untuk
mengumpulkan data digunakan metode kuesioner (angket). Uji instrumen data
dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan uji prasyarat
dengan menggunakan uji normalitas. Karena data berdistribusi normal maka
teknik analisis data untuk melakukan uji hipotesis digunakan rumus korelasi
Product Moment.
Berdasarkan analisis data menggunakan Product Moment dipeoleh rhitung
sebesar 0,943 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada
N=174 dan taraf signifikansi sebesar 5% sebesar 0,148. Karena rhitung (0,943) >
rtabel (0,148) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada hubungan positif yang
signifikan antara intensitas mendengarkan lirik lagu religius dengan kecerdasan
emosional yang artinya semakin tinggi intensitas mendengarkan lirik lagu religius,
semakin tinggi pula kecerdasan emosional siswa. Sebaliknya, semakin rendah
intensitas mendengarkan lirik lagu religius, maka akan diikuti dengan kecerdasan
emosional yang rendah.