DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN INTENSITAS MENDENGARKAN LIRIK LAGU RELIGIUS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII MTs NEGERI NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week6
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Erlina, Dwi Ningrum
Drs., Suluri, M. Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-05-29 07:28:41 
Abstract :
Kata kunci : Intensitas Mendengarkan Lirik Lagu Religius, Kecerdasan Emosional Masalah yang muncul yaitu kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak Boyolali ada yang bisa mengelola emosinya dengan baik dan ada yang belum bisa mengelola emosinya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui intensitas siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak Boyolali dalam mendengarkan lirik lagu religius. (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak Boyolali. (3) Untuk mengetahui hubungan intensitas mendengarkan lirik lagu religius dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Ngemplak Boyolali. Jenis penelitian ini kuantitatif korelasional. Tempat penelitian di MTs Negeri Ngemplak Boyolali. Waktu penelitian Maret 2016 sampai Januari 2017. Populasi penelitian berjumlah 208 siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Boyolali sebanyak 174 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode kuesioner (angket). Uji instrumen data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas. Karena data berdistribusi normal maka teknik analisis data untuk melakukan uji hipotesis digunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data menggunakan Product Moment dipeoleh rhitung sebesar 0,943 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada N=174 dan taraf signifikansi sebesar 5% sebesar 0,148. Karena rhitung (0,943) > rtabel (0,148) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada hubungan positif yang signifikan antara intensitas mendengarkan lirik lagu religius dengan kecerdasan emosional yang artinya semakin tinggi intensitas mendengarkan lirik lagu religius, semakin tinggi pula kecerdasan emosional siswa. Sebaliknya, semakin rendah intensitas mendengarkan lirik lagu religius, maka akan diikuti dengan kecerdasan emosional yang rendah. 
Institution Info

IAIN Surakarta