DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS VII DI MTs N KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Total View This Week3
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Riski, Hayatun
Dr., H. Purwanto, M.Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-05-29 07:28:45 
Abstract :
Kata Kunci : Pembacaan Asmaul Husna, Sikap Spiritual Pada usia memasuki fase remaja merupakan masa-masa yang sangat dinamis dan seringkali menimbulkan masalah. Dalam kehidupan sehari-hari di era globalisasi, banyak ditemukan individu-individu yang materialistik, individualistik, kesalahan sistem pendidikan maupun bimbingan yang diberikan sebelumnya, sehingga melahirkan perilaku yang menunjukkan sikap yang kurang terpuji, menyimpang dari perkembangan potensi yang telah diberikan oleh Allah kepada setiap manusia sejak lahir serta rendahnya sikap spiritual yang disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pembacaan asmaul husna. Akan besar harapannya agar mereka berhasil dalam melalui perkembangan sosial, apabila mereka mendapatkan pembiasaan pembacaan asmaul husna untuk meningkatkan sikap spiritualnya secara intensif. Sehingga dalam pembiasaan membaca asmaul husna diharapkan siswa dapat meningkatkan sikap spiritualnya dengan mendekatkan diri kepada Allah maupun sikap yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spengaruh pembacaan asmaul husna terhadap sikap spiritual siswa kelas VII di MTs N Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Dilaksanakan di MTs N Karanganayar mulai bulan Februari sampai dengan Juni 2016. Siswa yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 300 dan yang menjadi sampel diambil dua kelas adalah 58 siswa, 29 untuk siswa yang diberi pembacaan asmaul husna dan 29 untuk siswa yang tidak diberi pembacaan asmaul husna. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Instrument penelitian berupa angket melalui uji coba diperoleh item yang valid 20 item dengan reabilitas r110,698. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyaratan dengan uji normalitas diperoleh hasil Lv < Lt maka data berdistribusi normal (0.045 < 0.116) untuk sikap spiritual yang diberi pembacaan asmaul husna dan (0.080 < 0.116) untuk sikap spiritual yang tidak diberi pembacaan asmaul husn dan uji homogenitas varians diperoleh hasil Fhitung = 1,461. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Chi kuadrat (χ 2 ). Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilaiχ 2 hitung sebesar 15,89421 lebih besar dari χ 2 tabel = 1,4 (χ 2 hitung (15,89421) >χ 2 tabel (1,4)). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh pembacaan asmaul husna terhadap sikap spiritual siswa di MTs N Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. 
Institution Info

IAIN Surakarta