Institusion
IAIN Surakarta
Author
Riski, Hayatun
Dr., H. Purwanto, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:28:45
Abstract :
Kata Kunci : Pembacaan Asmaul Husna, Sikap Spiritual
Pada usia memasuki fase remaja merupakan masa-masa yang sangat
dinamis dan seringkali menimbulkan masalah. Dalam kehidupan sehari-hari di era
globalisasi, banyak ditemukan individu-individu yang materialistik,
individualistik, kesalahan sistem pendidikan maupun bimbingan yang diberikan
sebelumnya, sehingga melahirkan perilaku yang menunjukkan sikap yang kurang
terpuji, menyimpang dari perkembangan potensi yang telah diberikan oleh Allah
kepada setiap manusia sejak lahir serta rendahnya sikap spiritual yang disebabkan
karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pembacaan asmaul husna. Akan
besar harapannya agar mereka berhasil dalam melalui perkembangan sosial,
apabila mereka mendapatkan pembiasaan pembacaan asmaul husna untuk
meningkatkan sikap spiritualnya secara intensif. Sehingga dalam pembiasaan
membaca asmaul husna diharapkan siswa dapat meningkatkan sikap spiritualnya
dengan mendekatkan diri kepada Allah maupun sikap yang diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spengaruh
pembacaan asmaul husna terhadap sikap spiritual siswa kelas VII di MTs N
Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif.
Dilaksanakan di MTs N Karanganayar mulai bulan Februari sampai dengan Juni
2016. Siswa yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 300
dan yang menjadi sampel diambil dua kelas adalah 58 siswa, 29 untuk siswa yang
diberi pembacaan asmaul husna dan 29 untuk siswa yang tidak diberi pembacaan
asmaul husna. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Instrument
penelitian berupa angket melalui uji coba diperoleh item yang valid 20 item
dengan reabilitas r110,698. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji
prasyaratan dengan uji normalitas diperoleh hasil Lv < Lt maka data berdistribusi
normal (0.045 < 0.116) untuk sikap spiritual yang diberi pembacaan asmaul husna
dan (0.080 < 0.116) untuk sikap spiritual yang tidak diberi pembacaan asmaul
husn dan uji homogenitas varians diperoleh hasil Fhitung = 1,461. Selanjutnya
untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Chi kuadrat (χ
2
).
Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilaiχ
2
hitung sebesar 15,89421
lebih besar dari χ
2 tabel = 1,4 (χ
2
hitung (15,89421) >χ
2
tabel (1,4)). Dengan demikian
Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh
pembacaan asmaul husna terhadap sikap spiritual siswa di MTs N Karanganyar
tahun ajaran 2015/2016.