Institusion
IAIN Surakarta
Author
Fitria, Salma Nurrohmah
Prof., Dr. H. Usman Abu Bakar, M. A
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:29:05
Abstract :
Kata kunci: Penanggulangan, Bullying, Pendidikan Islam
Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah
Buku Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep) Karya:
Abd. Rahman Assegaf. Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering
terjadi tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah. Beberapa kasus terjadi hingga
meninggal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat
bagi anak untuk menimba ilmu untuk terbentuknya akhlak dan rumah kedua yang
aman dan nyaman bagi anak malah menjadi tempat pertama dalam terbentuknya
kekerasan. Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah
Buku Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep) Karya:
Abd. Rahman Assegaf bisa menjadi solusi bagi pakar pendidikan Islam karena
menjelaskan secara detail mulai dari konsep kekerasan dalam pendidikan hingga
memberikan solusi sesuai pendidikan Islam yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research),
dengan membahas cara menanggulangi bullying dalam buku “Pendidikan Tanpa
Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep†Karya: Abd. Rahman Assegaf.
Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan penekanan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bullying atau biasa disebut dengan
kekerasan dalam pendidikan didefinisikan sebagai tindakan menggunakan tenaga
dan kekuatan untuk melukai orang lain atau kelompok lain secara verbal, fisik
ataupun secara psikologis dan menyebabkan korban merasa tertekan dan tak
berdaya. Praktek bullying terjadi karena adanya pelanggaran yag disertai
hukuman, buruknya sistem dan kebijakan pendidikan, pengaruh tayangan, dan
lingkungan, bullying merupakan refleksi dari pergeseran kehidupan yang cepat,
faktor sosial ekonomi. 2) penanggulangan bullying perspektif pendidikan Islam
yaitu: menjelaskan pentingnya nilai humanisme dalam pendidikan Islam. Metode
pendidikan Islam dengan cara metode amaliyah, metode amar ma’ruf nahi
munkar, metode nasehat, metode kisah, metode uswah hasanah, metode hiwar,
metode rihlah, metode tarhib wa targhib. Serta juga etika dalam pendidikan Islam
yaitu sarat dengan nilai kasih sayang.