Institusion
IAIN Surakarta
Author
Khusnul, Khotimah
Hj., Siti Choiriyah, S. Ag., M.Ag.
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:29:11
Abstract :
Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati
Terate
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan pencak silat
Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Gempol Gondangrejo Karanganyar Tahun
2016 tidak hanya beladiri saja, tetapi juga terdapat penanaman nilai pendidikan
Islam melalui materi pembinaan pada saat latihan kegiatan pencak silat dan ajaran
panca dasar yang diajarkan dalam pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu
persaudaraan, olahraga, beladiri, kesenian dan kerohanian. Faktor penyebabnya
pencak silat bisa dijadikan sarana dan materi pendidikan namun ada beberapa
anggota PSHT yang menggunakan dan memanfaatkan keahliannya untuk kegiatan
negatif. Sehingga sering melakukan perbuatan yang melanggar nilai pendidikan
Islam dan banyak perbuatan yang tidak mencerminkan karakter yang baik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam
Kegiatan Pencak Silat Di Lembaga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Gempol
Gondangrejo Karanganyar Tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif,
dilaksanakan di Desa Gempol Gondangrejo Karanganyar pada bulan Oktober 2016
– bulan Desember 2016. Subjek penelitian ini adalah pelatih pencak silat PSHT
Gempol dan informan adalah siswa dan masyarakat. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk
mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik
analisisnya menggunakan analisis data interaktif model Milles dan Huberman yang
terdapat tiga macam langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada
pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di Desa Gempol Gondangrejo
Karanganyar diantaranya: 1) Nilai Pendidikan Keimanan atau I‟tiqodiyyah ialah
meyakini dari hati sanubari bahwa adanya Tuhan YME melalui panca kerohanian,
2) Nilai Pendidikan Akhlak atau Khuluqiyyah ialah menanamkan nilai persaudaraan
dan berbakti kepada orang tua atau pelatih melalui salaman dan penghormatan.
Perwira dalam ajaran olah raga, Bersikap lapang dada dalam ajaran beladiri, rendah
hati melalui ajaran panca dasar kesenian serta tenggang rasa melalui ajaran
kerohanian, dan 3) Nilai Pendidikan Amaliyah ialah mempereratkan tali silaturahmi
melalui panca persaudaraan serta gotong royong, bakti sosial dan menjaga
keamanan desa.