Institusion
IAIN Surakarta
Author
Akhmad, Mujtaba
H., Abdul Ghofur, M.Ag
Subject
370 Education
Datestamp
2017-12-22 03:54:52
Abstract :
Kata Kunci : Upaya Ustadz, Akhlak, Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
Ustadz memegang peranan yang penting dalam pembentukan akhlak
santri. Melalui pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani di Pondok
Pesantren Al Muayyad Surakarta, ustadz berupaya melakukan pencegahan agar
para santri tidak melakukan hal-hal menyimpang, seperti tidak mengikuti
pembacaan manaqib, tidak mematuhi peraturan pondok dan kurang memahami
dan mengaplikaskan isi dari Manaqib Berdasarkan hal tersebut penulis ingin
mengkaji tentang upaya ustadz dalam pembentukan akhlak santri melalui
pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al
Muayyad Surakarta.
Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta, yang dilaksanakan
pada bulan Desember 2015 – Agustus 2016. Subjek penelitian adalah ustadz
bagian dirosah di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Informan penelitian
adalah santri putra kelas VII, lurah pondok, dan staf bagian keamanan Pondok
Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data,
model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung
dalam pembacaan ini diterapkan dalam upaya yang dilakukan para ustadz untuk
mencegah perilaku buruk para santri. Adapun langkah nyata yang dilakukan
ustadz antara lain : membuat jadwal pembacaan Manaqib, mengkaji lebih dalam
kitab Manaqib ( Lujjaini Dani), melakukan puasa Manaqib dan menjadikan
Manaqib sebagai rujukan dalam membuat peraturan pondok. Terdapat beberapa
faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan pembacaan manaqib Syeh
Abdul Qadir Al-Jailani. Adapun faktor yang mendukung antara lain, Para ustadz
yang dapat berkerja sama dengan baik dalam melaksanakan upaya-upaya
pembentukan akhlak santri dan adanya sarana prasarana yang mendukung
kegiatan dalam rangka upaya pembentukan akhlak santri. Sedangkan faktor
penghambat kurang pendampingan dan perhatian wali kamar yang kurang
terhadap keseharian anak asuhnya di pondok maupun di luar pondok.
Key Words : The efforts of ustadz, Akhlak, Manaqib Syaikh Abdul Qadir AlJailani
Ustadz plays an important role in the formation of moral students. Through
reading manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad Surakarta islamic
boarding school, ustadz trying to prevent the students do bed things, such as go
out from the boarding house without permission, the lack of riyadhoh, a lot of
time were wasted by the student. Based on that problems the writer would like to
know the effort of Ustadz in the formation of morals students through reading
Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad Surakarta Islamic
Boarding School.
The methodology of the research used qualitative method. The research
was held in Al Muayyad Surakarta islamic boarding school, which had done on
December 2015 – Agustus 2016. The subject of the research are ustadzs in Al
Muayyad Surakarta islamic boarding school. The informant of the research are the
boys student in the seventh grade of junior high school, the master of boarding
house, and the security staff of boarding house. Data of the research put by
observation, interview and documentation. The validity of data was check using
triangulate of source. Analysis of data using technique of analysis that are data
reduction, display data, and verification.
The result of this research shows that the moral value of manaqib Syaikh
Abdul Qadir Al-Jailani was applied by ustadz to prevent the students do the bad
things. The prevention by ustadz such as impose a guarded gate ouside the school
hours, activate the presention of reading holy Qur’an, deeply study about moral
value every Wednesday night, and cooperate with the school to activate
extraculiculer. There are two factors that support succesfull of reading manaqib
Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad boarding school. First, ustadz can
cooperate each other to succeed the programs and second, the infrastructure that
support the activities of the students. While the inhibiting factors are less
assistance and attention by proctor to the students both inside and outside the
boarding house.