DETAIL DOCUMENT
UPAYA USTADZ DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI MELALUI PEMBACAAN MANAQIB SYEH ABDUL QADIR ALJAILANI DI PONDOK PESANTREN AL-MUAYYAD SURAKARTA
Total View This Week3
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Akhmad, Mujtaba
H., Abdul Ghofur, M.Ag
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-12-22 03:54:52 
Abstract :
Kata Kunci : Upaya Ustadz, Akhlak, Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani Ustadz memegang peranan yang penting dalam pembentukan akhlak santri. Melalui pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta, ustadz berupaya melakukan pencegahan agar para santri tidak melakukan hal-hal menyimpang, seperti tidak mengikuti pembacaan manaqib, tidak mematuhi peraturan pondok dan kurang memahami dan mengaplikaskan isi dari Manaqib Berdasarkan hal tersebut penulis ingin mengkaji tentang upaya ustadz dalam pembentukan akhlak santri melalui pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta, yang dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Agustus 2016. Subjek penelitian adalah ustadz bagian dirosah di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Informan penelitian adalah santri putra kelas VII, lurah pondok, dan staf bagian keamanan Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam pembacaan ini diterapkan dalam upaya yang dilakukan para ustadz untuk mencegah perilaku buruk para santri. Adapun langkah nyata yang dilakukan ustadz antara lain : membuat jadwal pembacaan Manaqib, mengkaji lebih dalam kitab Manaqib ( Lujjaini Dani), melakukan puasa Manaqib dan menjadikan Manaqib sebagai rujukan dalam membuat peraturan pondok. Terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan pembacaan manaqib Syeh Abdul Qadir Al-Jailani. Adapun faktor yang mendukung antara lain, Para ustadz yang dapat berkerja sama dengan baik dalam melaksanakan upaya-upaya pembentukan akhlak santri dan adanya sarana prasarana yang mendukung kegiatan dalam rangka upaya pembentukan akhlak santri. Sedangkan faktor penghambat kurang pendampingan dan perhatian wali kamar yang kurang terhadap keseharian anak asuhnya di pondok maupun di luar pondok. Key Words : The efforts of ustadz, Akhlak, Manaqib Syaikh Abdul Qadir AlJailani Ustadz plays an important role in the formation of moral students. Through reading manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad Surakarta islamic boarding school, ustadz trying to prevent the students do bed things, such as go out from the boarding house without permission, the lack of riyadhoh, a lot of time were wasted by the student. Based on that problems the writer would like to know the effort of Ustadz in the formation of morals students through reading Manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad Surakarta Islamic Boarding School. The methodology of the research used qualitative method. The research was held in Al Muayyad Surakarta islamic boarding school, which had done on December 2015 – Agustus 2016. The subject of the research are ustadzs in Al Muayyad Surakarta islamic boarding school. The informant of the research are the boys student in the seventh grade of junior high school, the master of boarding house, and the security staff of boarding house. Data of the research put by observation, interview and documentation. The validity of data was check using triangulate of source. Analysis of data using technique of analysis that are data reduction, display data, and verification. The result of this research shows that the moral value of manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani was applied by ustadz to prevent the students do the bad things. The prevention by ustadz such as impose a guarded gate ouside the school hours, activate the presention of reading holy Qur’an, deeply study about moral value every Wednesday night, and cooperate with the school to activate extraculiculer. There are two factors that support succesfull of reading manaqib Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani in Al Muayyad boarding school. First, ustadz can cooperate each other to succeed the programs and second, the infrastructure that support the activities of the students. While the inhibiting factors are less assistance and attention by proctor to the students both inside and outside the boarding house. 
Institution Info

IAIN Surakarta