Institusion
IAIN Surakarta
Author
Ahmad, Fuady
Prof. Drs., H. Rohmat, M.Pd.,Ph.D.
Subject
370 Education
Datestamp
2017-06-02 02:33:59
Abstract :
Kata Kunci: Penggunaan Multimedia pembelajaran, Peningkatan mutu
pembelajaran.
Multimedia pembelajaran merupakan penggunaan berbagai media dalam
proses belajar mengajar, multimedia telah memberikan peluang bagi pendidik
untuk
mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil belajar
yang maksimal. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan
multimedia pembelajaran serta hambatan dan solusi yang terjadi dalam
penggunaan multimedia pembelajaran di SMP N 1 Selogiri, Wonogiri. Dengan
menggunakan multimedia para pebelajaran diharapkan akan lebih mudah
menyerap informasi secara cepat dan efisien. Karena penggunaan multimedia
dalam proses pembelajaran membuat
sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata, melainkan
lebih luas dari itu.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi lapangan (field research). Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Selogiri dari
November 2016 sampai bulan Januari 2017. Subjek penelitian ini guru PAI,
sedangkan untuk informan yakni siswa dan wakasek kurikulum. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti
adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa penggunaan multimedia
pembelajaran dalam pembelajaraan PAI di SMP N 1 Selogiri, Wonogiri
diantaranya adalah macromedia flash flayer, Power Point, Video Pembelajaran, multimedia Aktual reality dan multimedia pembelajaran mandiri. Hambatan yang
ditemukan diantaranya kurangnya sarana dan prasarana serta perhatian dari
sekolah, masih terdapat beberapa siswa yang belum mampu mengopersikan
komputer multimedia. Sedangkan untuk solusinya diantaranya adalah guru
memakai media by utilitation yang dikreasikan dengan metode belajar kelompok.