Institusion
IAIN Surakarta
Author
Chintya, Ayu Pratiwi
Dra., Hj. Tasnim Muhammad, M. Ag.
Subject
370 Education
Datestamp
2017-06-13 05:14:35
Abstract :
Kata Kunci: Amanah, Manajemen Pendidikan Islam.
Permasalahan yang terjadi di Indonesia adalah kualitas sumber daya
manusia yang terbilang rendah disebabkan oleh rendahnya kualitas pendidikan,
keadaan semacam ini menyebabkan perkembangan bangsa terhambat. Kedua,
pendidikan nasional dihadapkan pada krisisme yang kompleks. Ketiga,
terbatasnya penyediaan anggaran berimplikasi pada proses terselenggaranya
pendidikan. Keempat, praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme terkait penyampaian
bantuan dana bagi sekolah menyebabkan setiap orang yang terlibat di dalamnya
terbiasa dengan ketidakjujuran dan mengesampingkan tertib administrasi. Kelima,
budaya menyunat bantuan berkaitan erat dengan buruknya birokrasi, sehingga
membuat pengelolaan biaya pendidikan di sekolah tidak transparan dan kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep amanah dalam
manajemen pendidikan Islam berdasarkan hadits-hadits riwayat Bukhari-Muslim
dalam kitab Riyaadhush Shaalihiin.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Untuk
mendapatkan data penelitian, peneliti menyediakan sumber primer atau buku
induk dan sumber sekunder sebagai penunjang. Metode dokumentasi digunakan
untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan. Peneliti memperhatikan
keabsahan data juga melalui teknik ketekunan dalam penelitian. Langkah
selanjutnya perlu dilakukan analisis data dengan metode analisis isi, untuk
mengarah kepada hasil penelitian.
Penelitian ini menunjukkan empat hadits amanah riwayat Bukhari-Muslim
dalam Kitab Riyaadhush Shaalihiin mengandung muatan sikap yang erat dengan
aktivitas manajemen keuangan dalam pendidikan Islam yakni adil, jujur, disiplin,
dan bertanggung jawab/akuntabel. Substansi amanah dalam manajemen berarti
menerapkan fungsi dan juga prinsip-prinsipnya. Dua prinsip manajemen yang
definisinya paling dekat dengan amanah adalah transparansi dan akuntabilitas,
keduanya disebut dengan istilah partisipatif. Dua prinsip lain yaitu efektivitas dan
efisiensi adalah prinsip yang amat penting bagi penggunaan sumber daya
pendidikan.