Institusion
IAIN Surakarta
Author
Rita, Mustikawati
Hj., Siti Choiriyah, S.Ag.,M.g
Subject
370 Education
Datestamp
2017-08-04 01:06:59
Abstract :
Kata Kunci : Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an, Metode Ummi.
Al-Qur‟an merupakan petunjuk bagi umat Islam. Maka generasi Islam
wajib mempelajari Al-Qur‟an. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah belajar
membaca Al-Qur‟an. Generasi sekarang ini,banyak anak yang tidak bisa membaca
Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Oleh karena itu,
diperlukan metode belajar membaca Al-Qur‟an yang praktis dan efisien da efektif
agar anak dapat belajar membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Implementasi Metode
Ummi di TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an
Dukuh Tanjungsari, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Dilaksanakan di TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dalam Pembelajaran
Membaca Al-Qur‟an Dukuh Tanjungsari, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten
Karanganyar pada bulan Juni-Desember 2016. Subyek penelitian ini adalah
ustadz/ustadzah, santriwan dan santriwati. Sedangkan informan pada penelitian
ini adalah ketua TPA Ar-Rohman Ar-Rohim. Pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang
digunakan adalah triangulasi sumber dan analisis data yang digunakan analisis
interaktif dengan menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran
membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi dilakukan dengan cara
langsung yaitu dengan tidak dieja cara membacanya dengan tempo cepat satu
ketukan. Untuk bacaan mad cara membacanya dengan diayun yaitu 1 ayunan
sama dengan 2 harokat. Tahap pembelajaran langsung ada 7 tahap yaitu tahap
pembukaan, tahap apersepsi, tahap penanaman konsep, tahap pemahaman konsep,
tahap latihan/keterampilan, tahap evaluasi dan tahap penutup. Sistem yang
digunakan klasikal-individual yaitu model pembelajaran membaca Al-Qur‟an
bersama-sama halaman yang ditentukan ustadz/ustadzah setelah dianggap tuntas
oleh ustadz/ustadzah pembelajaran dilanjutkan membaca secara individual. Dalam
pembelajaran metode Ummi TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dilengkapi dengan
metode menghafal yaitu metode Talaqi yang berarti ustadz/ustadzah
mempraktekkan satu ayat sebanyak 3 kali. Santri mengulang sebanyak 5-10 kali.
Pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Ummi Ustadz/Ustadzah yang diwajibkan
lulus sertifikasi metode Ummi.