Institusion
IAIN Surakarta
Author
Rofiyatun, Nurul Khasanah
Drs., Sukirman, M.Ag
Subject
370 Education
Datestamp
2017-08-04 01:07:02
Abstract :
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Hizbul wathan.
Pendidikan merupakan upaya menumbuhkan budi pekerti (karakter), pikiran
(intellect) dan tubuh anak. Dalam menaati tata tertib di sekolah banyak siswa di SMP
Muhammadiyah2 Masaran Sragen yang kurang berdisiplin dan bersosialisasi antar teman
masih banyak yang kurang. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat
membentuk karakter siswa dan dapat mendisiplinkan siswa serta siswa dapat bersosialisasi
dengan baik. Dengan banyaknya mata pelajaran yang diberikan kepada siswa yang terkadang
membuat siswa jenuh dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan
karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran
Sragen.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan
deskriptif kualitatif, dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen mulai bulan
februari sampai juni 2016, Subjek dalam penelitian ini Guru pembina Ekstrakurikuler Hizbul
Wathan, Informan Kepala Sekolah dan Siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi sumber, dan metode. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter melalui
kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen Tahun
Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan secara rutin setiap hari jum‟at. Pendidikan karakter
melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh Guru pembina ekstrakurikuler. Proses dalam
pendidikan karakter melalui kegiatan Hizbul wathan menekankan pada 4 pendekatan yaitu
Pendekatan yang digunakan meliputi pendekatan pengalaman dilihat dari kegiatan khutbah
jum‟at, upacara pembukaan, menjelaskan sandi, tali temali dan mendirikan tenda, pendekatan
pembiasaan membiasakan anggota hizbul wathan berdo‟a sebelum kegiatan dilaksanakan,
pendekatan emosional terlihat pembina menggugah perasaan anggota hizbul wathan dan
pendekatan keteladanan terlihat pembina mengajarkan materi kegiatan dengan tenang dan
sabar. Nilai- nilai yang dapat diambil dalam kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan adalah
Religius membiasakan anggota hizbul wathan dalam berdoa sebelum kegiatan dilaksanakan.
Kedisiplinan patuh dan tertib alam mengikuti kegiatan. Tanggungjawab ketika mengikuti
kegiatan PBB. Kreatif dan rasa ingin tahu ketika mengikuti kegiatan permainan. Kerja keras,
mandiri dan sosial terlihat saat anggota hizbul wathan belajar tali temali.
Bersahabat/komunikatif terlihat saat belajar sandi. Kerjasama terlihat saat mendirikan tenda.