Institusion
IAIN Surakarta
Author
Rosid, Durohman
Dr. H., Baidi, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2017-08-07 01:32:07
Abstract :
Kata Kunci : Aktualisasi Akhlak, Peserata Didik
Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah tentang aktualisasi
akhlak pada peserta didik. Dalam mengaktualkan akhlak perlu adanya upaya yang
nyata karena akhlak tidak cukup dalam bentuk pengetahuan saja, tapi harus benarbenar
di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yang
pertama, untuk mengetahui aktualisasi pendidikan akhlak pada peserta didik di
SMP IT Al-Anis Kartasura. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi akhlak peserta didik di SMP IT Al-Anis Kartasura.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dilaksanakan
pada bulan Juni 2016-November 2016 di SMP IT Al-Anis kecamatan Kartasura
Kabupaten Sukohajo. Subjek penelitian ini adalah Siswa SMP IT Al-Anis
Kartasura. Informan penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, santri ponpes AlAnis,
dan siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber dan
metode. Teknik analisis dengan model interaktif dari pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunujukan bahwa SMP IT Al-Anis berupaya
mengaktualkan akhlak agar siswa tidak hanya cerdas dalam pengetahuan saja
tetapi juga baik dalam tingkah laku kesehaian. Bentuk dari pengaktualisasian
akhlak pada peserta didik di SMP IT Al-Anis adalah dengan (1) pembiasaan
akhlak mahmudah pada siswa. (2) Pembiasaan membaca al-Qur’an. (3)
Pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah. (4) Penyampaian hadist akhlak. (5)
pembiasaan membaca asmaul-husna. (6) pelatihan kultum oleh siswa. Faktor yang
berpengaruh pada siswa terdiri dari faktor internal yaitu lingkungan sekolah,
tauladan dari guru, komunikasi antara guru dan wali murid. Faktor eksternal yaitu
lingkungan rumah, pendidikan dari orang tua,program boarding school pada
siswa.