Institusion
IAIN Surakarta
Author
Saiful, Bakri
Drs., Aminuddin, M.S.I
Subject
370 Education
Datestamp
2017-08-07 01:32:12
Abstract :
Kata Kunci : Manajemen, Ekstrakurikuler
SDIT Al Anis merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
menyelenggarakan program ekstrakurikuler, Ekstrakurikuler Keagamaan
merupakan bagian dari Pendidikan Agama juga memiliki dampak sebagai berikut,
melalui kegiatan ekstrakurikuler nantinya siswa diharapkan bisa melatih dirinya
agar benar-benar mampu memerankan dirinya dalam kehidupan sosial. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui manajemen, faktor pendukung dan penghambat
kegiatan ekstrakurikuler Keagamaan di SDIT Al Anis Kartasura Tahun Ajaran
2016/2017
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian
dilakukan di SDIT Al Anis Kartasura, yang penelitian dimulai dari bulan
November-Januari 2017. Adapun subjek penelitianya adalah kepala sekolah,
koordinator ekstrakuriuler. Sedangkan informan yaitu guru pembina
ekstrakurikuler keagamaan serta siswa siswi SDIT Al Anis Kartasura. Sedangkan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obsevasi dan
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Untuk analisis menggunakan teori analisis interaktif yang meliputi reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Setelah melakukan penelitian mengenai pelaksanaan manajemen kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan di SDIT Al Anis Kartasura diperoleh kesimpulan
bahwa tahap perencanaan kegiatan meliputi jadwal, pembina, serta dana,
kemudian tahap pengorganisasian berupa penugasan pembagian tugas dan
tanggung jawab dari kepala sekolah kepada koordinator ekstra serta pembina,
tahap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilaksanakan pada hari
sabtu berupa khitobah, qiroah, tadribah, rebana dari jam 9-10 adapun pembina
ekstrakurikuler berasal dari guru yang mengajar di SDIT Al Anis, Manfaat dari
kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bagi siswa yaitu dapat membentuk karakter
percaya diri, menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an, menumbuhkan
kecintaan terhadap seni Islam dan menyalurkan bakat seni seni tulis menulis
huruf arab, tahap pengawasan berupa pengawasan administratif dan evaluasi
pembelajaran, adapun faktor pendukung fasilitas yang tersedia lengkap, pengajar
yang mampu dibidangnya, semangat siswa yang tinggi. Faktor penghambat dalam
kegiatan tersebut adalah tempat ekstra khitobah yang dekat dengan ekstra
drumband, jumlah peserta yang tidak sebanding dengan alat yang tersedia, alokasi
waktu yang kurang