Abstract :
Kata Kunci : Pendidikan Islam, Madrasah Diniyah
Madrasah Diniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di
Indonesia mempunyai peran yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan
anak bangsa. Tujuan didirikannya Madrasah Diniyah adalah untuk mencetak
ganerasi qur‟ani yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Madrasah
Diniyah Hamzah merupakan salah satu Madrasah Diniyah yang ada di Kecamatan
Simo, Kabupaten Boyolali. Dalam pelaksanaan pendidikan Islam, di Madrasah
Diniyah Hamzah masih ditemukan beberapa permasalahan. Di antaranya, masih
ada para siswa yang belum bisa membaca Al Qur‟an, masih ada siswa yang
kurang memperhatikan ketika guru sedang menerangkan, serta masalah sarana
dan prasarana untuk mendukung berjalannya pendidikan Islam di Madrasah
Diniyah ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo
Boyolali Tahun 2016.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Hamzah Masjid Muttaqin
Dusun Jaweng, Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali pada bulan
Oktober 2015 sampai Maret 2016. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah
Diniyah Hamzah, sedangkan informan penelitian adalah guru, siswa, orang tua
siswa, dan masyarakat sekitar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data digunakan triangulasi sumber
dan metode. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat
ditarik kesimpulan bahwa guru di Madrasah Diniyah Hamzah telah menggunakan
metode pendidikan yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa agar tidak
bosan dalam mengikuti pelajaran. Metode pendidikan yang bervariasi dapat
meningkatkan perhatian dan semangat peserta didik dalam proses pendidikan.
Materi pendidikan Islam yang diajarkan meliputi pendidikan akhlaq, pendidikan
amaliah, dan pendidikan lahiriah. Materi pendidikan Islam tersebut diambil dari
berbagai kitab yang ada di Pondok Pesantren Salafiyah, Pulutan, Salatiga yang
berada di bawah naungan Nahdhatul Ulama (NU). Pelaksanaan pendidikan Islam
di Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali Tahun 2016 juga
telah mencakup 3 aspek pendidikan, yaitu aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Sehingga para peserta didik tidak hanya mempunyai pengetahuan
tentang Islam, akan tetapi juga dapat bersikap sesuai yang diajarkan dalam Islam
serta mempunyai keterampilan dalam menjalankan agama Islam.
Keywords: Islamic Education, Madrasah Diniyah
Madrasah Diniyah is one institution of Islamic education in Indonesia
has a very important role for the intellectual life of the nation. The objective of
establishing Madrasah Diniyah is to print ganerasi qur'ani the faith and piety and
morality. Hamzah Diniyah Madrasah Madrasah is one Diniyah in Sub Simo,
Boyolali. In the implementation of Islamic education in Madrasah Diniyah
Hamzah still found some problems. Among them, there are students who can not
read the Koran, there are students who are not paying attention when the teacher
was explaining, as well as the problems of facilities and infrastructure to support
the passage of Islamic education in Madrasah Diniyah this. The purpose of this
study was to determine how the implementation of Islamic education in Madrasah
Diniyah Hamzah Jaweng Pelem Simo Boyolali 2016.
In this study, researchers used a descriptive qualitative research
methods. This research was conducted in Diniyah Hamzah Mosque Madrasah
Muttaqin Jaweng Dusun, Desa Pelem, District Simo, Boyolali in October 2015 to
March 2016. The subjects were Principals Diniyah Hamzah, while the research
informants were teachers, students, parents, and community around. Data were
collected through observation, interviews, and documentation. To view the
validity of the data used triangulation of sources and methods. The data were
analyzed through the stages of data reduction, data presentation and conclusion.
Based on the research that has been done by researchers, it can be
deduced that the teacher at Madrasah Diniyah Hamzah have used varied methods
of education to attract students' attention so as not to get bored in the course.
Varied educational methods can improve the attention and enthusiasm of learners
in the educational process. Educational materials covering Islam teaches moral
education, education amaliah and external education. The Islamic Educational
material taken from various books in Islamic Boarding School Salafiyah, Pulutan,
Salatiga, which is under the auspices of the Nahdlatul Ulama (NU).
Implementation of Islamic education in Madrasah Diniyah Hamzah Jaweng Pelem
Simo Boyolali 2016 also includes three aspects of education, namely cognitive,
affective, and psychomotor. So that learners do not only have