DETAIL DOCUMENT
PENGARUH RETAIL MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Konsumen Toserba Laris Kartasura)
Total View This Week6
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Hapsari, Prastuti
Awan, Kostrad Diharto, S.E., M.Ag
Subject
310 General statistics 
Datestamp
2017-10-13 03:21:19 
Abstract :
ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of retail mix that includes location, merchandise, price, promotion, service and shop atmosphere to customer satisfaction at the department store Laris Kartasura. The population in this study are consumers who shop at the Department Store Krtasura. Sampling technique used in this research was non probability sampling by using Slovin formula and obtained by research sample counted 100 respondents. This research variable used two variable that was dependent variable and independent variable. For the dependent variable of this study was consumer satisfaction. For independent variables include location, merchandise, price, promotion, service and shop atmosphere. The research method used was quantitative research method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 23. The results showed that the variables that have been studied between the dependent variable and independent, that the test results using statistical analysis model. The results of this study indicate that: 1). The higher the influence of the location, the greater the satisfaction of consumers who shop at Kartasura Leverage Store and vice versa. 2). The higher the merchandise of the merchant, the greater the satisfaction of consumers who shop at the department store and Kartasura Laris vice versa. 3). The higher the influence of the price the greater the satisfaction of consumers who shop at department stores and Kartasura Laris vice versa. 4). The higher the influence of promotion, the greater the satisfaction of consumers who shop at the General Store Laris Kartasura and vice versa. 5). The greater the influence of service, the greater the satisfaction of consumers who shop at department stores and Kartasura Laris vice versa. 6). And the greater the influence of the atmosphere of the store the greater the satisfaction of consumers and vice versa. Keywords: retail mix, consumer satisfaction, department Store Laris Kartasura. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh retail mix yang meliputi lokasi, barang dagang, harga, promosi, pelayanan dan suasana took terhadap kepuasan konsumen di Toserba Laris Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Krtasura. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable dependendan variable independen. Untuk variable dependen dari penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Untuk variable independen meliputi lokasi, barang dagang, harga, promosi, pelayanan dan suasana toko. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan dari variabel yang telah diteliti antara variable dependen dan independen, bahwa hasil uji penelitian menggunakan model analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Semakin tinggi pengaruh lokasi maka semakin besar kepuasan konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Kartasura dan sebaliknya. 2). Semakin tinggi penggaruh barang dagang maka semakin besar kepuasan konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Kartasura dan sebaliknya. 3). Semakin tinggi pengaruh harga maka semakin besar kepuasan konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Kartasura dan sebaliknya. 4). Semakin tinggi pengaruh promosi maka semakin besar kepuasan konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Kartasura dan sebaliknya. 5). Semakin besar pengaruh pelayanan maka semakin besar kepuasan konsumen yang berbelanja di Toserba Laris Kartasura dan sebaliknya. 6). Dan semakin besar pengaruh suasana took maka semakin besar kepuasan konsumen dan sebaliknya. Kata kunci: retail mix, kepuasan konsumen, Toserba Laris Kartasura. 
Institution Info

IAIN Surakarta