DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SFA STEAK & RESTO KARANGANYAR)
Total View This Week9
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Khorik, Atul Aliyah
Drs., Basuki Rahardjo, M.S
Subject
304 Factors affecting social behavior 
Datestamp
2017-10-13 03:21:24 
Abstract :
ABSTRACT This study aims to determine the effect of promotion through social media on purchasing decisions with viral marketing as an intervening variable (case study on SFA Steak & Resto customers Karanganyar). The population in this research is SFA Steak & Resto Karanganyar. Sampling technique using non-probability sampling technique that is accidental sampling and sample number 100 respondents. This research is a quantitative research. Analysis of data used using path analysis (path analysis) with SPSS application version 20.0. For the dependent variable (Y) of this study is the purchase decision, for independent variable (X) is promotion through social media, and for intervening variable (Z) is viral marketing. The results of this study indicate that: (1) There is a significant positive influence between promotion through social media to purchase decision. (2) There is a significant positive influence between promotion through social media to viral marketing. (3) There is a significant positive influence between viral marketing on purchasing decisions. (4) There is significant influence between promotion through social media to purchase decision with viral marketing as intervening variable. Keywords: Promotion, Social Media, Viral Marketing, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen SFA Steak & Resto Karanganyar). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen SFA Steak & Resto Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekniknon-probability samplingyaitu sampling accidentaldan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan aplikasi SPSS versi 20.0. Untuk variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian, untuk variabel independen (X) adalah promosi melalui media sosial, dan untuk variabel intervening (Z) adalah viral marketing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan positif antara promosi melalui media sosialterhadapkeputusanpembelian. (2) Ada pengaruhsignifikan positif antara promosimelalui media sosialterhadapviral marketing. (3) Ada pengaruhsignifikan positif antara viral marketing terhadapkeputusanpembelian. (4) Ada pengaruhsignifikanantara promosimelalui media sosialterhadapkeputusanpembeliandenganviral marketing sebagaivariabelintervening. Kata Kunci: Promosi, Media Sosial, Viral Marketing, Keputusan Pembelian 
Institution Info

IAIN Surakarta