DETAIL DOCUMENT
PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL DI YAYASAN RUMAH YATIM MOH.RODJI DESA DIBAL NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN 2017
Total View This Week17
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nur, Fadhillah
Dra. Hj., Maslamah M.Ag.
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-10-16 02:59:40 
Abstract :
Kata Kunci : Pendidikan Islam Nonformal, Yayasan Rumah Yatim. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang kurang memperhatikan anak yatim piatu dalam segi sosial, ekonomi khususnya pendidikan Islam. Melihat kondisi anak yatim piatu tersebut diperlukan lembaga nonformal untuk masyarakat memberikan pembelajaran dan mengantarkan anak yatim piatu lebih memperdalam menuntut ilmu pendidikan Islam bukan hanya disekolah saja tetapi juga dilingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Proses pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran pendidikan Islam nonformal di Yayasan Rumah Yatim Desa Dibal Ngemplak Boyolali 2017. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di Yayasan Rumah Yatim Moh.Rodji Desa Dibal Ngemplak Boyolali mulai bulan Februari 2017 sampai Mei 2017. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan triangulasi. Triangulasi yang digunakan sumber dan triangulasi metode. Prosedur analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Setelah melakukan penelitian mengenai pembelajaran pendidikan Islam non formal diperoleh suatu kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran dilakukan 2 fase yaitu (1) Persiapan pembelajaran yang berupa pengkondisian santri, (2) kegiatan pembelajaran menggunakan Appersepsi yang berisi membaca Juz-Amma, membaca dan menulis Iqra’ serta diberi pelajaran tambahan tentang pendidikan Islampemberian pembelajaran tambahan pendidikan Islam dan juga memberikan pelajaran keterampilan kepada anak-anak sesuai jadwal yag telah di buat. Kempat, Evaluasi dengan menggunakan evaluasi tidak langsung dengan memberikan bukti-bukti pekerjaan siswa yang telah diselesaikan baik dengan tugas tertulis mapun lisan. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran ini tempat pelaksanaan pembelajaran dan sarana prasarana yang sangat memadai yang menunjang pembelajaran, serta rutinitas yang dimaksimalkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya ustazah, individu santri yang kurang aktif, kurang mendengarkan, banyak santri yang bermain handphone pada saat pelajaran, orang tua yanng masih kurang memperhatikan anaknya dalam pendidikan Islam. 
Institution Info

IAIN Surakarta