Institusion
IAIN Surakarta
Author
erny, Wijayanti
Waluyo, Lc., M.A
Subject
304 Factors affecting social behavior
Datestamp
2017-10-17 03:36:40
Abstract :
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the effect of service quality and
perceived value on re-intention to using other products through customer trust in
KSPPS BMT Tumang. This study using two independent variable is service
quality and perceived value, variabel dependent is perceived value, and costumer
trust as intervening variabel.
Characteristic of the samples used is 100 costumers deposit members in
KSPPS BMT Tumang. Sampling is using nonprobability sampling method with
purposive sampling procedure. In performing the data process, this research uses
SPSS 20.0 program. The study used regression analysis and path analysis to
determine the indirect effect.
The result showed that significant and positive effect service quality to
costumers trust, significant and positive effect perceived value to costumers
trust, not significant and positive effect service quality to re-intention of using
other product, and then not significant and negative effect perceived value to reintention
of using other product. The z-statistic test on path analysis, the result
show is costumers trust variable significant to influence the relationship between
service quality and value perception to re-intention using other product.
Keywords: service quality, perceived value, costumer trust, repurchase intention.
xii
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas
layanan dan persepsi nilai terhadap niat ulang menggunakan produk lain melalui
kepercayaan nasabah di KSPPS BMT Tumang. Dalam penelitian ini digunakan
dua variabel independen yaitu kualitas layanan dan persespsi nilai, variabel
dependen yaitu niat ulang menggunakan produk lain, dan kepercayaan anggota
sebagai variabel intervening.
Karakteristik sampel yang digunakan sejumlah 100 responden anggota
simpanan KSPPS BMT Tumang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan
metode nonprobability sampling dengan tehnik purposive sampling. Dalam
melakukan proses data, penelitian ini menggunakan program SPSS 20.0.
Penelitian menggunakan analisis regresi dan path analysis untuk mengetahui
pengaruh tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepercayaan anggota,persepsi nilai berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepercayaan anggota,kepercayaan anggota
berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat ulang menggunakan produk lain,
kualitas layanan berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap niat ulang
menggunakan produk lain, dan persepsi nilai tidak berpengaruh signifikan dan
negatif terhadap niat ulang menggunakan produk lain. Uji z-statistik pada path
analysis, menunjukkan kepercayaan anggotaberpengaruh signifikan dalam
hubungan antara kaulitas layanan dan persepsi nilai terhadap niat ulang
menggunakan produk lain.
Kata kunci : kualitas layanan, persepsi nilai, kepercayaan anggota, niat ulang beli.