DETAIL DOCUMENT
TA : PANJANG ANTRIAN AKIBAT PENUTUPAN PINTU PALANG PERLINTASAN KERETA API DI JALAN LASWI KOTA BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
WIBOWO, INDAH TIARA
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-05-20 06:34:29 
Abstract :
Pertumbuhan penduduk yang berbanding lurus dengan pertumbuhan kendaraan di Kota Bandung tidak sepadan dengan pembangunan prasarana jalan yang menyebabkan kinerja arus lalu lintas di beberapa titik kurang optimal. Pada penelitian ini diambil sebagai sample penelitian menggunakan metode Greenshield dan traffic counting sebagai metode pengambilan data primer. Dari metode tersebut diperoleh analisis tentang bagaimana jalan sebidang dengan perlintasan kereta api dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas. Adapun hasil analisa yang diperoleh adalah hubungan antara arus lalu lintas (Q), kepadatan (D) dan kecepatan (Us). Hasil analisis menunjukkan bahwa penutupan palang perlintasan kereta api, dapat menyebabkan penumpukkan kendaraan di titik penelitian sehingga menyebabkan turunnya kecepatan sesaat kendaraan dari 59 km/jam menjadi 10 km/jam, meningkatnya kepadatan dari 109 smp/jam menjadi 125 smp/jam dan naiknya arus maksimal kendaraan dari 2072 smp/jam menjadi 1837 smp/jam. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa tertutupnya pintu perlintasan kereta api merupakan salah satu titik konflik penyebab kemacetan pada ruas Jalan Laskar Wanita (Laswi). Kata Kunci: Greenshield, Shock Wave, panjang antrian, waktu penormalan. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung