Abstract :
Fenomena ojek online merambah sangat cepat dan parkir adalah salah satu
permasalahannya, seperti yang terjadi diruas jalan Ibrahim-Adjie kota Bandung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja ruas jalan karena
parkir ojek online di badan jalan dan menemukan solusi dalam mengatasi
kemacetan yang ditimbulkan. Pengumpulan data diperoleh peneliti dengan
melakukan survei secara langsung yang dilaksanakan pada hari yang sama saat pagi
hari jam 06.00?09.00 dan siang hari jam 12.00-15.00, penentuan jam survei
dilihat dari waktu sibuk di hari kerja. Data yang diperoleh adalah data geometrik
jalan, kecepatan kendaraan, hambatan samping dan arus lalu lintas. Dari hasil
analisis yang telah dilakukan diperoleh lebar efektif yang semula 8,6 m saat tidak
ada parkir menjadi 4,7 m setelah adanya parkir, lalu kapasitas yang diperoleh dari
waktu pagi sebesar 4.000 smp/jam dan siang sebesar 2.427 smp/jam, maka
presentase kinerja ruas jalan menurun sebesar 39,4 %. Kecepatan rata-rata yang
semula 44,04 km/jam menjadi 18,93 km/jam, maka penurunan kecepatan rata-rata
sebesar 57,02 %. Tingkat pelayanan pada saat ada parkir di badan jalan menjadi
kategori E. Dapat disimpulkan dari hasil analisis bahwa pada saat ada parkir ojek
online mengakibatkan penurunan kinerja ruas jalan.
Kata kunci: kinerja ruas jalan, parkir, lebar efektif