DETAIL DOCUMENT
TA: PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN ANTARA JALAN SURAPATI DENGAN JALAN PUSDAI DI KOTA BANDUNG SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN APILL
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
FIKARA, HEKAL LAZUARDY
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-03-15 08:43:53 
Abstract :
Peningkatan pergerakan masyarakat menyebabkan kemacetan lalu lintas pada persimpangan. Salah satunya Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh manajemen dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan dengan menggunakan PTV Vissim terhadap kinerja simpang tersebut. Data yang diperoleh pada penelitian ini didapatkan dengan cara survei geometri jalan secara langsung, dan data sekunder berupa kecepatan kendaraan dan volume lalulintas dari Kantor Satker P2JN Kota Bandung. Hasil analisis kinerja simpang setelah dilakukan manajeman dan rekayasa lalu lintas untuk kinerja Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai jika dibandingkan dengan kondisi eksisting pada lengan Surapati (B) terjadi penurunan sebesar 7,69% untuk panjang antrian dan 42,68% untuk tundaan, lengan Surapati (T) terjadi penurunan sebesar 9,32% untuk panjang antrian dan kenaikan 9,79% pada tundaan, lengan Pusdai (S) terjadi penurunan sebesar 30,56% untuk panjang antrian dan 15,36% untuk tundaan. Setelah dilakukan rekayasa dan manajemen lalu lintas menggunakan PTV VISSIM dapat disimpulkan bahwa dengan ditambahkan APILL pada Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai mampu menurunkan panjang antrian di seluruh ruas jalan dan kenaikan tundaan hanya terjadi di ruas jalan Surapati (T). Kata Kunci: antrian, tundaan, mikrosimulasi, manajemen dan rekayasa lalu lintas 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung