DETAIL DOCUMENT
TA: PERBANDINGAN METODE ANALISIS POTENSI LIKUEFAKSI DENGAN MENGGUNAKAN DATA SPT PADA STUDI KASUS JALAN TOL PROBOLINGGO - BANYUWANGI SEKSI II
Total View This Week2
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
PUTRA, ADIKHA REKSA DWI JAYA
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-05-21 02:11:50 
Abstract :
Probolinggo, Jawa Timur, berada pada peta kerentanan likuefaksi dengan nilai sedang. Hal ini mengakibatkan pergeseran lateral yang umumnya kurang dari 0,3 m dan dengan kemiringan landau kurang dari 8%, menyebabkan penurunan tanah yang pada umumnya kurang dari 0,1, untuk beberapa kasus terjadi semburan pasir secara tidak merata dalam satu kawasan. Peta sesar juga menunjukan bahwa lokasi penelitian yang berada pada jalan tol Probolinggo-Banyuwangi Seksi II ini bergerak 0,2 mm per tahun. Salah satu indikasi berpotensi likuefaksi adalah terdapatnya pasir lepas yang terdapat pada jalan tol tersebut. Untuk menganalisis potensi likuefaksi digunakan metode Seed, Youd-Idriss, Japan Rail Association dan Idriss-Boulanger, untuk nantinya dibandingkan satu dengan yang lainnya. Analisis potensi likuefaksi ini menggunakan peta gempa tahun 2017, nilai fines content 0%, 15% dan 35%, serta dianalisis dengan klasifikasi situs tanah lunak dan sedang. Nilai fines content mempengaruhi nilai CRR karena kohesi pada tanah meningkatkan ketahanan tanah terhadap beban gempa yang terjadi. Makin besar periode ulang maka percepatan gempa pun semakin besar, hal ini disebabkan karena nilai percepatan gempa yang mempengaruhi nilai CSR. Kata Kunci: Likuefaksi, Metode Analisis, Percepatan Gempa, Fines Content, CSR, CRR, FS 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung