Abstract :
Masyarakat kini mulai beralih menggunakan transportasi online dengan segala
keunggulan yang diberikan dibandingkan menggunakan transportasi lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna transportasi
online muda berdasarkan moda asal menggunakan metode analisis diskriminan.
Pengumpulan data primer diperoleh menggunakan kuesioner yang dibagikan secara
online kepada pengguna transportasi online di Kota Bandung dengan ukuran
minimal 100 sampel. Hasil analisis menunjukkan pengguna transportasi online
yang memiliki pendapatan keluarga yang tinggi cenderung berasosiasi dengan
pengguna mobil dibandingkan dengan pengguna transportasi umum sebelumnya,
sedangkan pengguna transportasi online yang baru menggunakan transportasi
online pada rentang 3 sampai 5 bulan cenderung sebagai pengguna sepeda motor
sebelum adanya tranportasi online. Adapun pengguna transportasi online yang
memilih menggunakan sepeda motor apabila tidak mendapatkan transportasi online
cenderung sebelumnya menggunakan sepeda motor.
Kata kunci : karakteristik pengguna, muda, transportasi online, moda