DETAIL DOCUMENT
TA: ANALISIS PERFORMA JEMBATAN STANDAR BINA MARGA KELAS A TIPE RANGKA BAJA AUSTRIA MENGGUNAKAN DATA WEIGH IN MOTION (WIM)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
PUTRA, KINAN RAMAULIDIKA
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-03-23 02:35:13 
Abstract :
Teknologi Weigh in Motion (WIM) merupakan salah satu metode yang dapat mengukur beban aktual kendaraan untuk digunakan dalam evaluasi performa jembatan pada masa layan, dimana efek dari beban eksternal yang berulang seperti kendaraan khususnya pada elemen baja mengakibatkan kegagalan fatik yang terakumulasi terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah evaluasi performa dari jembatan standar Bina Marga kelas A tipe jembatan rangka Austria dengan bentang 40 m terhadap beban kendaraan aktual hasil pengukuran WIM di ruas jalan Nasional Cikampek-Pamanukan tahun 2011. Evaluasi ini dilakukan dengan analisis struktur terhadap beban kendaraan bergerak WIM dengan luaran rentang tegangan dan frekuensi kejadiannya, dan kemudian dibandingkan dengan S-N Curve yang mengacu kepada AASHTO. Elemen struktur yang termasuk kategori batang Fracture Critical Member (FCM) akan dianalisis perilakunya terhadap unsur yang lebih detail yaitu sistem sambungan. Hasil evaluasi umur fatik menunjukkan bahwa dalam masa layan 75 tahun, jembatan ini memiliki ketahanan fatik yang belum melampaui S-N Curve dan diproyeksikan akan mencapai umur fatik pada 59 tahun. Hasil analisis sistem sambungan batang FCM berupa tegangan maksimum sebesar 114,37 MPa, lebih kecil dari tegangan leleh izin material baja SM 490 BJ 55 dengan nilai faktor keamanan 15, sehingga sistem sambungan pada batang FCM memenuhi kriteria keamanan dan keselamatan. Kata kunci: Weigh in Motion, Fatik, Jembatan Rangka Baja Kelas A, S-N Curve, Fracture Critical Member. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung