DETAIL DOCUMENT
TA: SIMULASI PENGUJIAN KINERJA MODIFIKASI EXHAUST FAN KDK 40 AAS DENGAN BLADE BERSIRIP
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
HAWARI, MUHAMMAD AFIF
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-03-24 03:09:03 
Abstract :
Fan secara umum diidentifikasikan sebagai mesin dengan kenaikan tekanan relatif rendah yang memindahkan udara atau gas dengan cara memutarkan sudu atau impeller yang mengubah energi mekanik menjadi kerja fluida. Fan yang sering digunakan masih banyak yang tidak memiliki kinerja yang baik sehingga diperlukan modifikasi untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satunya adalah dengan menambahkan sirip pada sudunya untuk meningkatkan laju alir volumetriknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sirip pada blade terhadap kinerjanya. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi pengujian fan sebelum dan setelah dimodifikasi dengan variasi kecepatan putar 1300, 1000, hingga 700 RPM. Model fan yang digunakan adalah exhaust fan KDK 40 AAS dengan jenis propeller fan. Hasil modifikasi terbaik yaitu penambahan 2 buah sirip berjarak 50% jari-jari dari hub yang memiliki angle of attack sebesar 0° dan memiliki angle of attack sudu sebesar 13°. Metode yang digunakan pada simulasi pengujian ini yaitu menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD) mengacu pada standar AMCA 210 dengan parameter pengujian berupa laju alir volumetrik, tekanan, daya, dan efisiensi. Berdasarkan hasil simulasi pengujian menggunakan Solidworks Flow Simulation didapatkan kenaikan laju alir volumetrik fan pada 1300 RPM sebesar 62,05%, pada 1000 RPM sebesar 26%, dan pada 700 RPM sebesar 10,5%. Kata kunci: pengujian, kipas, modifikasi, laju alir volumetrik 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung