Abstract :
Rami merupakan salah satu jenis serat alam yang banyak tumbuh di
Indonesia dan memiliki sifat mekanik yang baik. Namun, penggunaan serat
rami sebagai bahan penguat dan Polypropylene High Impact (PPHI) banyak
digunakan dalam industri otomotif sebagai matriks dalam komposit untuk
aplikasi di bidang otomotif belum banyak dipelajari. Penelitian ini mengkaji
karakteristik komposit PPHI berpenguat serat rami dengan fraksi volume 10%.
Karakteristik yang dikaji meliputi sifat mekanik material jika diberi uji tarik, uji
impak, dan uji bending. Komposit PPHI dibuat dengan menggunakan metode
Hand Lay-Up pada temperatur 250 °C dengan fraksi volume serat rami sebesar
10% serta ukuran mesh 120/170, 170/200 dan 200. Kekuatan tarik komposit
diukur dengan mengacu pada standar ASTM 3039. Kekuatan Impak dari
komposit diukur dengan mengacu pada ASTM D 6110-04. Kekuatan Bending
dari komposit diukur dengan mengacu pada ASTM D 790. Dari penelitian ini
dapat disimpulkan kekuatan Tarik tertinggi dari komposit PPHI berpenguat serat
rami dengan fraksi volume 10% dengan ukuran mesh 200, yaitu sebesar 9.894
MPa. Kekuatan impak tertinggi dari komposit PPHI berpenguat serat rami
dengan fraksi volume 10% dengan ukuran mesh 200, yaitu 1.937 MPa. Kekuatan
bending tertinggi dari komposit PPHI berpenguat serat rami dengan fraksi
volume 10% dengan ukuran mesh 170, yaitu 63,601 kJ/m².
Kata kunci : Kompsit, PPHI, Serat Rami, Uji Impak, Uji Tarik, Uji Bending