Abstract :
Rangka atau chassis adalah komponen otomotif yang berfungsi untuk menumpu
semua beban, mulai dari motor penggerak (engine), penumpang, dan komponen
lainnya. Di samping memiliki fungsi untuk menumpu beban, chassis juga harus
mampu untuk menjamin bahwa semua komponen yang bertumpu di atasnya
berada pada posisi yang benar. Sebuah chassis mobil balap listrik dibuat dengan
proses pemesinan seperti pemotongan dan penggerindaan, dan juga proses
pengelasan. Dalam penelitian ini, akan dilakukan proses pembuatan chassis
mobil listrik KMLI. Chassis yang dibuat adalah chassis tipe tubular space frame,
dengan bahan pipa baja UOE diameter 1 inci, dan akan dilakukan pengujian
kekakuan chassis. Hasil yang didapat yaitu chassis dengan dimensi yang telah
sesuai dengan rancangan., dan hasil pengujian kekakuan chassis didapat defleksi
terbesar pada titik 7,8 dan 9 sebesar 3 mm pada beban 125 kg. dari hasil
perhitungan ddapat kekakuan chassis sebesar 41,66 kg/mm
Kata Kunci: Chassis, tubular space frame, proses pemesinan, proses pengelasan,
pengujian kekakuan