DETAIL DOCUMENT
TA: KAJIAN PERBANDINGAN JEMBATAN SUSPENSI DENGAN SISTEM SINGLE DECK DAN DOUBLE DECK
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Rahman, Rifky Nur
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-04-01 08:48:53 
Abstract :
Jembatan Suspensi merupakan salah satu jembatan bentang panjang yang menggunakan tumpuan tegangan kabel pada tumpuan samping. Pada perencanaanya, dek direncanakan memikul beban kendaraan namun saat arus padat, keadaan beban pada dek jembatan berlebihan dan terjadi kegagalan struktur sehingga pembangunan dek jembatan suspensi dibuat bersusun, hal ini betujuan memperbesar kapasitas dan mengefisiensikan volume material. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kekuatan, stabilitas serta tingkat ekonomis struktur jembatan suspensi bentang panjang dengan tipe Single Deck dan Double Deck tahan gempa untuk jembatan kendaraan. Pembebanan jembatan mengacu pada SNI 1725:2016, jembatan direncanakan dengan bentang utama 130 m, bentang samping 55 m dan lebar 18 m pada tipe single serta 9 m pada tipe double. Pemodelan dan perencanaan jembatan suspensi menggunakan software SAP2000 ver.19. Dari pengujian didapat bahwa hasil kekedua jembatan mampunyai kekuatan yang cukup untuk menahan beban yang bekerja, tetapi kedua jembatan memiliki frekuensi diatas 1 yang menandakan kedua model rentan terhadap beban angin (wind instability) namun pada tipe double deck mempunyai tingkat stabilitas 20% lebih stabil dan tingkat ekonomis 13% dibandingkan dengan tipe single, tetapi membutuhkan baut lebih banyak 1.988 buah. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung