Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Putra, R M Muhammad Taufan Adhitya
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2021-04-16 01:45:04
Abstract :
Ruas jalan Bogor-Puncak-Cianjur merupakan jalur yang terletak pada daerah perbukitan dan pegunungan bergelombang dengan lereng curam dan terjal, sehingga berpotensi menimbulkan gerakan tanah. Gerakan tanah yang terjadi pada ruas jalan yang menghubungkan Bogor-Cianjur STA 17+950 ini merupakan longsoran
bahan rombakan batuan yang diakibatkan adanya kondisi morfologi yang tidak menguntungkan serta diperburuk dengan tingginya intensitas curah hujan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas kombinasi Dinding Penahan Tanah (DPT) dan Tiang Bor dalam menanggulangi longsoran jalan dengan
membandingkan faktor keamanan lereng menggunakan perangkat lunak PLAXIS 2D berbasis metode elemen hingga. Hasil analisis stabilitas lereng eksisting menunjukkan bahwa nilai Faktor Keamanan (FK) yang diperoleh sebesar 1,057, sedangkan setelah
digunakan kombinasi DPT dan Tiang Bor nilai FK menjadi 1,566. Kesimpulannya bahwa kombinasi DPT dan Tiang Bor dapat secara efektif meningkatkan nilai FK sebesar 50,9% dibandingkan dengan lereng eksisting.