DETAIL DOCUMENT
TA: ANALISIS VOLUME LOSS PADA TEROWONGAN KERETA CEPAT BANDUNG-JAKARTA DENGAN PENDEKATAN METODE ELEMEN HINGGA
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Rukmana, Raden Rhegi
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-04-16 01:44:08 
Abstract :
Pembangunan kereta cepat Bandung-Jakarta memiliki beberapa konstruksi terowongan, salah satu terowongan no. 8 yang terletak di daerah perbukitan yang dirancang dan dibangun dengan metode New Austrian Tunneling Method (NATM). Memiliki panjang terowongan 2.190 meter dengan lebar terowongan 15 meter dan tinggi terowongan 12,5 meter. Salah satu penyebab penurunan permukaan tanah dan deformasi terowongan yaitu volume loss akibat dari konstruksi terowongan. Untuk itu diperlukan analisis untuk memprediksi besarnya kehilangan volume tanah dengan pemodelan menggunakanmetode elemen hingga plaxis 2D. Penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalis pengaruh dari tipe-tipe penggalian terowongan NATM terhadap nilai volume loss. Analisis dilakukan terhadap penggalian tipe 3, tipe 4, tipe 6, tipe 7 dan tipe 8 dimana pada beberapa tipe penggalian menggunakan temporary support. Hasil analisis membuktikan bahwa tipe penggalian semakin kecil dan menggunakan temporary support dapat menghasilkan nilai volume loss terowongan yang kecil yaitu sebesar 0,3755%. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung