DETAIL DOCUMENT
TA: KAJIAN PENENTUAN PRIORITAS PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Hakim, Dzulfiqar Al
Subject
 
Datestamp
2021-05-10 08:35:40 
Abstract :
Di Kota Bandung pertumbuhan jumlah penduduk setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Kondisi tersebut secara tidak langsung memperbesar tingkat kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas menyebabkan banyaknya korban dan kerugian harta benda yang ditimbulkan, sehingga perlu dilakukannya penelitian sebagai masukan untuk pihak pengambil keputusan. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan bobot dari faktor penyebab kecelakaan lalu lintas serta menentukan prioritas lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan adalah gabungan dari metode AHP dan metode TOPSIS dengan menggunakan data artifisial dari 5 jalan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria manusia menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas dengan bobot 46,3 % sedangkan faktor kendaraan dengan bobot 31,2 % kemudian faktor jalan dengan bobot 13,7 % dan yang paling rendah adalah faktor lingkungan dengan bobot 8,8 %, serta ruas jalan yang diprioritaskan dari seluruh jalan dengan menggunakan data artifisial sebagai lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung yaitu jalan A dengan nilai bobot sebesar 78,9 %. Kata kunci: kriteria, kecelakaan lalu lintas, AHP, TOPSIS, prioritas. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung