DETAIL DOCUMENT
TA: STUDI EFEKTIVITAS PENANGGULANGAN LONGSORAN TEBING JALAN ANTARA DINDING PENAHAN TANAH (DPT) DAN TIANG PANCANG BAJA (STUDI KASUS: RUAS JALAN BOGOR - CIANJUR STA 16+500)
Total View This Week53
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Triaji, Fadli
Subject
 
Datestamp
2019-10-15 09:07:58 
Abstract :
Jalan Bogor-Puncak-Cianjur umumnya digunakan sebagai jalur transportasi yang menghubungkan Bogor dan Cianjur. Segmen jalan ini terletak di daerah perbukitan dan pegunungan bergelombang dengan lereng yang curam dan terjal yang berpotensi menimbulkan terjadinya gerakan tanah. Gerakan tanah yang terjadi di lokasi penelitian ini merupakan longsoran tanah akibat kondisi morfologi yang tidak menguntungkan dan diperburuk oleh tingginya intensitas curah hujan lokal. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis efektivitas penanggulangan longsoran antara DPT dan tiang pancang baja dengan menggunakan Plaxis 2D berbasis elemen hingga. Hasil simulasi model analisis stabilitas lereng menunjukkan bahwa nilai Faktor Keamanan (FK) sebesar 0,985 untuk kondisi lereng eksisting, sedangkan penanggulangan kombinasi antara DPT dan tiang pancang baja menghasilkan nilai FK sebesar 1,405. Dapat disimpulkan bahwa penanggulangan kombinasi DPT dan tiang pancang baja dapat meningkatkan FK sebesar 42,64% dibandingkan kondisi lereng eksisting. Kata kunci: Longsoran, faktor keamanan, dinding penahan tanah, tiang pancang baja 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung