DETAIL DOCUMENT
TA : PLACE PALASARI SPACE
Total View This Week8
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Kamawijaya, M. Haris
Subject
 
Datestamp
2020-12-23 09:07:23 
Abstract :
Pertumbuhan Penduduk di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Khususnya, pertumbuhan jumlah penduduk yang terjadi di Kota Bandung. Badan Pusat Statistika (BPS Kota Bandung) menyebutkan, bahwa jumlah penduduk Kota Bandung pada tahun 2013 mencapai 2.483.977 jiwa dengan luas wilayah 16.729 Hektar (167.67 Km), atau tingkat kepadatan penduduknya hamper mencapai 150 Jiwa/Hektar. Jumlah tersebut belum ditambah dengan datangnya warga yang mempunyai berkenegaraan asing yang kea tau berdomisili di Kota Bandung dan kaum pendatang yang berdatangan sebagai wisatawan pada kondisi-kondisi tertentu. Pertumbuhan penduduk di Kota Bandung mencatat bahwa pada tahun 2015 Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 7.64% dab pada tahun 2016 sebesar 7.79% kenaikan pada tahun 2016 tercatat 15% dari tahun sebelumnya. Angka LPE membuktikan Kota Bandung layak sebagai tempat untuk berinvestasi yang meliputi sandang, pangan dan papan. Place dalam singkatannya yaitu Palasari Place ini dibuat sebagai upaya untuk mendukung kemajuan-kemajuan khususnya dalam sektor ekonomi dan pariwisata. Hadir diatas lahan yang sudah mempunyai fungsi dan identitas kita dengan sebuah produk buku yang menjadikan Palasari sebagai pusat jual-beli buku terbesar di Kota Bandung. Re-Branding sangat dibutuhkan mengingat berkembangnya sebuah kawasan yang tidak di imbangi oleh perbaikan fasilitas-fasilitas akan berdampak pada sebuah citra dan kesan dari pada suatu tempat tersebut. Dengan Perencana Proyek Pusat Perbelanjaan Palasari di Bandung dibuat dengan konsep bangunan yang baru melalui pendekatan placemaking yang berorientasi pada kepekaan yang menghasilkan Sense dalam bentuk dan kegiatan yang dituangkan dalam rancangannya, dan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Bandung untuk berbelanja dan rekreasi pada Pusat Perbelanjaan di Palasari Bandung ini. Kata kunci: Pusat Perbelanjaan, Placemaking, Sense. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung