DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI PENGARUH KEBERADAAN PUSAT PERBELANJAAN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI SEKITARNYA (Studi Kasus : Sarinah dan Ramayana, Kelurahan Kiduldalem, Klojen, Kota Malang)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Malang
Author
Maharani, Kania
Subject
Area Planing Engineering (PWK) 
Datestamp
2024-05-02 06:07:26 
Abstract :
Kota Malang merupakan salah satu kota dengan perkembangan pembangunan sarana dan prasarana yang tergolong pesat Kota Malang memiliki lebih dari 10 pusat perbelanjaan dan beberapa diantaranya berada di Kecamatan Klojen. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh keberadaan pusat perbelanjaan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang berada di sekitarnya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis analisa deskriptif kuantitatif, dan anlisa yang digunakan adalah analisa deskriptif, analisa skala likert dan anlisa regresi linear berganda. Berdasarkan hasil kuisioner dan hasil analisa yang dilakukan didapat bahwa keberadaan pusat perbelanjaan Sarinah dan Ramayana tidak merubah kebiasaan masyarakat sekitar, sehingga kegiatan sosial tetap dapat dilakukan hingga. Berdasarkan data yang ada terjadi peningkatan aktivitas pada sekitar pusat perbelanjaan Sarinah dan Ramayana, warga sekitar tidak merasa terganggu oleh kebingingan yang ada di sekitar lingkungan mereka. Keberadaan pusat perbelanjaan Sarinah dan Ramayana yang berdekatan dengan permukiman tidak mempengaruhi pola konsumsi warga di sekitarnya. Hasil regresi berganda menunjukkan tidak adanya pengaruh secara signifikan. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Malang