Abstract :
Game adalah salah satu sarana untuk hiburan atau sekedar melepas penat,
Sebagian besar masyarakat Indonesia banyak memainkan game lewat ponsel
mereka, untuk saat ini game banyak diracang dalam bentuk 2D maupun 3D, tidak
jarang juga dalam setiap ponsel pasti terpasamg sebuah aplikasi game, apalagi di
era teknolgi sekarang game mudah didapatkan dengan melalui aplikasi penyedia
game seperti Playstore dan Appstore. Dalam sebuah game juga banyak
mengimplementasikan berbagai kecerdasan buatan guna untuk membuat perilaku
npc (non player character) mirip dengan perilaku manusia.
Game ini mengimplementasikan metode A* pathfinding untuk mencari
lokasi player dengan memperhitungkan jarak total terkecil yang dilali setiap node
dan menggunakan metode FSM (Finite State Machine) untuk membuat tingkah
laku musuh dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian)
dan action (aksi). Pengujian kecerdasan buatan yag diimplementasikan akan diuji
dengan melakukan pengujian model alpha testing untuk A* pathfinding dan Finite
State Machine, pengujian blackbox juga dilakukan guna menguji apakah fungsi
sistem yang sudah dubuat dapat berjalan dengan baik atau tidak.
Dari pengujian yang telah dilakukan tersebut didapatkan hasil implementasi
metode algorita A* dengan tingkat 100% akurasi dalam menemukan lokasi player
dalam menentukan rute tercepat agar menemukan lokasi player dengan
menggunakan nilai total terkecil didapat dari perhitungan setiap node. Finite State
Machine pada enemy juga sudah bisa melakukan aksi sesuai dengan perilaku player,
dari pengujian 10 orang responden, didapatkan hasil 7 orang menyatakan baik
sekali dan 3 orang menyatakan baik.