Abstract :
ANALISIS DAN PEMETAAN TITIK RAWAN KEMACETAN PADA JARINGAN TRANSPORTASI JALAN BERDASARKAN SISTEM BASIS DATA SPASIAL
(Studi Kasus: Kota Malang, Jawa Timur)
Fitria Mulyadi 1625023
Dosen Pembimbing I : Dedy Kurnia Sunaryo, ST.,MT
Dosen Pembimbing II : Ir. Jasmani, M.Kom
Abstraksi
Kemacetan lalu lintas seringkali terjadi karena volume lalu lintas yang tinggi. yakni ketidak seimbangan antara jumlah penduduk dengan jumlah kendaraan yang semakin bertambah dari tahun ketahun dengan jumlah ruas jalan yang tersedia tidak cukup memadai. Penelitian ini dilakukan di kota Malang dengan tujuan adalah untuk mengetahui bagaimana hasil dari analisis dan pemetaan titik rawan kemacetan pada jaringan trasnportasi jalan Kota Malang berdasarkan perancangan dan sistem basis data spasial.
Data yang digunakan untuk menentukan tingkat kemacetan jalan berupa kapasitas jalan yang berdasarkan kinerja ruas jalan (LoS), Jumlah petugas yang mengawasi lalu lintas, jumlah persimpangan dan gang, dan lebar bahu jalan yang digunakan untuk tempat parkir. Dari semua data tersebut maka dilakukan analisis dengan memanfaatkan sisten informasi geografis dengan melakukan skoring terhadap parameter penyebab tingkat kemacetan di kota Malang dengan menggunakan software arcgis
Hasil dari penelitian berupa peta tingkat kemacetan jalan di kota Malang skala 1:20.000 yang terdiri dari tig akelas tingkat kemacetan jalan, yaitu tingkat kemacetan rendah, tingkat kemacetan sedang dan tingkat kemacetan tinggi, tingkat kemacetan jalan rendah sebanyak 25 ruas jalan. Tingkat kemacetan sedang sebanyak 66 ruas jalan dan tingkat kemacetan tinggi sebanyak 7 ruas jalan.
Kata Kunci: kemacetan jalan, SIG, basis data, transfortasi, jaringan jalan