DETAIL DOCUMENT
Alternatif Desain Struktur Atas Jembatan Tipe Baltimore Truss Dengan Menggunakan Metode L.R.F.D Pada Jembatan Trisula Blitar Jawa Timur
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Nasional Malang
Author
Pakiding, Noprianto Zeth
Subject
Civil Engineering 
Datestamp
2019-03-13 02:12:28 
Abstract :
Pembangunan jembatan didasarkan untuk menghubungkan jalan yang terputus akibat rintangan seperti sungai, danau, selat, saluran, lembah ataupun jurang. Panjang dan lebar bentang jembatan disesuaikan dengan rintangan yang dilalui jembatan yang dibangun. Pada saat ini jembatan menjadi salah satu prasarana transportasi yang sangat vital untuk menunjang kelancaran pergerakan lalu lintas. Semakin lebar bentang jembatan maka semakin banyak pula volume kendaraan yang dapat dilayani dan berdampak pada peningkatan kelancaran lalu lintas. Baltimore truss merupakan tipe jembatan rangka baja yang dipilih sebagai alternatif desain dengan bentang jembatan 40 m menggunakan profil baja WF. Perencanaan alternative desain dengan mengacu pada SNI 1725 2016 untuk pembebanan jembatan dan SNI 1729 2015 untuk menganalisa rangka baja dengan metode LRFD (Load and Resistance Faktor Design). STAADPRo v8i dipilih oleh penulis sebagai program bantu untuk pemodelan struktur. Hasil yang diperoleh dari perhitungan alternatif desain jembatan dimensi untuk gelagar memanjang WF 300 x 200 x 8 x 12, untuk gelagar melintang WF WF 600 x 300 x 12 x 20, untuk gelagar melintang atas WF 300 x 200 x 8 x 12, untuk gelagar induk WF 400 x 400 x 18 x 28, untuk ikatan angin 2L 150 x 150 x 15. 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Malang