DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Iswati, Ika
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2021-06-14 02:28:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa kelas XI SMA. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) efektif terhadap prestasi belajar siswa ditinjau kemandirian belajar siswa, dan diperoleh bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih efektif daripada model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta