DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM LEMBAGA PENDIDIKAN MAGISTRA UTAMA YOGYAKARTA TAHUN 2016 - 2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Cahyono, Agus
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-03-01 07:29:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) menganalisis dan menguji kualitas pelayanan dan promosi secara simultan terhadap kepuasan peserta program , (2) menganalisis dan menguji Variabel Faktor fisik berpengaruh parsial terhadap kepuasan peserta program, (3) menganalisis dan menguji Variabel Reabilitas berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program Magistra Utama Yogyakarta, (4) menganalisis dan menguji Variabel Daya tanggap berpengaruh secara parsial terhadap peserta program, (5) menganalisis dan menguji Variabel Jaminan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, (6) menganalisis dan menguji Variabel Empati berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, (7) menganalisis dan menguji manakah yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan peserta program. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Subjek penelitian adalah Peserta Program Lembaga Pendidikan Magistra Utama Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment. Reliabilitas dihitung dengan rumus cronbach alpha. Uji asumsi klasik yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan uji pras syarat yang dilakukan, diketahui bahwa data penelitian lolos uji pra syarat sehingga uji hipotesis dapat dilakukan dengan uji parametrik dengan uji linier berganda. Uji hipotesis meliputi uji determinasi (uji R), Uji Simultan (uji F) dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan peserta program Lembaga Pendidikan Magistra Utama Yogyakarta, yaitu nilai sig. 0,000 < 0,05 atau Fhitung (10,278) > Ftabel (2,38), (2) Faktor fisik tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, yaitu nilai sig. 0,06 >0,05, (3) Reabilitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, yaitu nilai sig. 0,255>0,05, (4) Daya tanggap berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, yaitu nilai sig. 0,028<0,05, (5) Jaminan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta program, yaitu nilai sig. 0,731>0,05, (6) Empati tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan peserta, yaitu nilai sig. 0,58>0,05, (7) Variabel yang paling berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan peserta program adalah daya tanggap dengan nilai sig. 0,028. Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta