DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS) DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Safitri, Ferra July
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-02-24 04:40:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa. Data dikumpulkan dengan skala kedisiplinan belajar dan skala kesadaran diri (self-awareness). Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi rxy = 0,316 dengan p= 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel kesadaran diri (self-awareness) dalam penelitian ini memiliki sumbangan efektif sebesar 10% terhadap variabel kedisiplinan belajar pada siswa SMA dan sisanya 90% berhubungan dengan variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta